TNI Perkenalkan Azolla Kepada Warga Untuk Pakan Ternak Murah

oleh -

Semangatnews, Payakumbuh – Untuk membantu masyarakat meningkatkan kualitas pakan ternak yang sehat dan murah, Babinsa koramil 01/Pyk mengenalkan Azolla atau dikenal dengan kiambang bareh. Babinsa Sertu Eko Prasetyo turun tangan langsung membantu masyrakatnya yang ingin beternak ayam maupun itik dengan mengenalkan tanaman air yang kaya akan nabati yaitu kiambang bareh di Kelurahan Parik Rantang, Rabu (12/2).

Baca Juga:  Babinsa Serda Sudirman Bantu Warga Desa Kertajaya Gotong royong Bangun Musholla

“Azolla adalah makanan ternak baik ikan, ayam, itik, dan sapi. Azolla sangat baik untuk digunakan karena mengandung nilai protein yang sangat tinggi, apa lagi dengan kesibukan kita yg sangat padat, azolla tersebut sangat baik bila dipermentasikan dengan bios -44 ataupun EM4 (efective microorganisms- 4) sehingga pakan ternak tersebut bisa tahan sampai berbulan bulan dan membuat pekerjaan peternak bisa lebih ringan lagi,” ujar Sertu Eko Prasetyo.

Baca Juga:  Pemko Payakumbuh Terima 10 Unit Wastafel Dari Bank Nagari

Yosep, seorang peternak itik yang sudah memakai Azolla mengatakan sangat terbantu dengan terobosan yang dibuat dan diberikan babinsa, dirinya sangat mengharapkan pembinaan dan bimbingan TNI.

“Selama ini dengan bantuan dan bimbingan Sertu Eko Prasetyo hasil jual panen kami lebih meningkat dan pekerjaan lebih ringan lagi sehingga pekerjaan lainpun bisa kami kerjakan,” katanya.

Baca Juga:  14 Orang Terjaring Razia Tak Pakai Masker

Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry S Lahe S.A.P melalui Dandramil 01/Pyk Kapten Czi Joni Forta MP mengatakan setiap anggota babinsa akan membantu kesulitan warga disekitarnya dan setiap tindak-tanduk dan perbuatan juga harus selalu berpedoman pada sapta marga dan 8 wajib TNI.