Tugas Humas Kata Kuncinya adalah Membangun Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

by -

Tugas Humas Kata Kuncinya adalah Membangun Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

Oleh Zulnadi,SH

Humas pemerintah merupakan salah satu bagian khusus yang menjalankan fungsi manajemen untuk membangun komunikasi dan mempertahankan hubungan yang harmonis dalam rangka melayani dan mempengaruhi kebijakan publik guna memperoleh pengertian, kepercayaan, kerjasama, dan dukungan dari khalayak internal dan ekternal.**

Pendahuluan

Teori tentang kehumasan, humas, PR dan atau jurubicara, corong pemerintah atau badan telah banyak kita baca. Namun sejauhmana teori dan kiat itu telah diterapkan oleh lembaga yang bernama kehumasan.

Apakah lembaga humas telah konsisten dengan tugas dan fungsinya.

Pejabat humas yang mengerti dan memahami tugas pokoknya, maka Ia sangat enjoy berhadapan dengan siapa saja, baik secara internal dan apalagi eksternal yang notabene adalah wartawan.

Kenapa enjoy. Karena humas telah mampu membangun komunikasi baik ke dalam maupun keluar. Lancarnya komunikasi akan memunculkan kepercayaan, kerjasama dan dukungan dari masyarakat dan OPD.

Teori tidak selalu sejalan dan seirama dengan pengalaman. Bahkan terkadang sering berseberangan. Tapi teori tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Ia tetap menjadi acuan, kompas agar tidak salah dalam melaksanakan tugas tugas kehumasan.

Pengalaman penulis, yang pernah berkecimpung di dunia humas, yakni Humas Pemerintah Provinsi Sumbar. Dari belasan tahun sebagai praktisi humas, banyak suka dan dukanya yang dialami penulis. Dari sekian Kepala Biro humas yang penulis alami dan rasakan, nyaris antara satu dengan lainnya mempunyai cirikhas dan karakter sendiri sendiri.

Tanpa menyebutkan nama, ada pula pejabat humas takut bertemu dengan juru berita alias wartawan. Bahkan ada pula pejabat humas takut bertemu dengan pimpinan sendiri. Bila pimpinan memanggil, maka didelegasikan kepada bawahannya setingkat kabag.

Ada pula dirasakan, pejabat itu hanya mencikaraui SPJ melulu dan yang lain biar bawahan saja yang mengurus. Pokoknya menyangkut uang masuk, apakah kegiatan rutin atau proyek harus sepengetahuannya.

Terjadinya kegagalan pejabat humas adalah tidak mampunya membangun komunikasi baik secara internal maupun ekternal.

Dalam pengamatan penulis gagalnya seseorang pejabat humas bertahan dijabatannya karena si pejabat itu terlena dengan unsur kedekatan dengan top pimpinan. Pola kerjanya adalah ABS =Asal Bapak Senang.

Bekerja dengan pola ABS ini tidak ada dalam teori kehumasan, tapi ini sering kita temui dalam dunia kehumasan. Kenapa, karena pejabat yang ditunjuk duduk di humas itu hanya ingin menyenangkan pimpinan yang mengangkatnya.

Ia lupa bahwa tugas utamanya adalah menghubungkan, menjembatani antara lembaga dimana dia bekerja dengan konstituen. Konstituen lah nanti yang memperlihatkan bagaimana pimpinannya itu dihargai dan disenangi serta dipercaya masyarakat atau publik.

Tugas dan Fungsi Humas

Humas dalam dunia pemerintahan biasanya disebut sebagai Public Affairs, Pejabat Penerangan, atau Pejabat Humas. Scott M. Cutlip, Aleen H. Center, Glen M. Broom (2009: 484) mendefinisikan humas pemerintah sebagai ”fungsi manajemen yang membantu agar agen, departemen, dan entitas publik lainnya dapat responsif terhadap warga yang mereka layani”.

Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika tahun 2007 tentang Kode Etik Humas Pemerintahan menyebutkan, humas pemerintahan adalah segenap tindakan yang dilakukan oleh suatu instansi/pemerintahan dalam usaha membina hubungan yang harmonis dengan khalayak internal dan ekternal.

Membina martabat instansi/pemerintahan dalam pandangan khalayak internal dan ekternal guna memperoleh pengertian, kepercayaan, kerjasama, dan dukungan dari khalayak internal dan ekternal dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya.

Secara teori Scott M. Cutlip, Aleen H. Center, Glen M. Broom (2009: 466) menyebutkan ada tujuh tujuan dari humas pemerintah, yaitu:

1. Memberi informasi konstituen tentang aktivitas agen pemerintah
2. Memastikan kerja sama aktif dalam program pemerintah
3. Mendorong warga mendukung kebijakan dan program yang sudah ditetapkan
4. Melayani sebagai advokat publik untuk administrator pemerintah
5. Mengelola informasi internal
6. Memfasilitasi hubungan dengan media
7. Membangun komunitas dan bangsa

Humas pemerintah bertugas menjalankan kebijakan publik dan pelayanan publik.

Dalam kebijakan publik, humas bertugas memberikan berbagai informasi tentang kebijakan pemerintahan yang mengikat rakyat.

Sedangkan dalam pelayanan publik, humas bertugas memberikan pelayanan terbaik, dengan birokrasi yang mudah untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat.
Sehingga dengan demikian dunia pemerintahan memperoleh citra dan reputasi yang positif.

Bertrand R. Canfield (dalam Ardianto, 2013:241) menjelaskan bahwa fungsi humas pemerintah terdiri atas:
1. Mengabdi kepada kepentingan umum bukan kepada atasan dengan pola ABS.
2. Memelihara komunikasi yang baik bukan sebaliknya seperti menerapkan manajemen konflik.
3. Menitikberatkan pada moral dan tingkah laku yang baik. Hal ini dimaksudkan humas sebagai etalase lembaganya, memang harus terhindar dari semua image negatif, baik secara ribadi maupun kelembagaan.

Sebab, humas pemerintah mempunyai peran ke luar dengan berupaya memberikan informasi kepada masyarakat sesuai dengan tujuan dan kebijaksanaan lembaga.

Sedangkan peran ke dalam dengan menyerap reaksi, aspirasi atau opini khalayak demi kepentingan bersama.
Oleh karena itu, humas pemerintah lebih menekankan kepada public service atau meningkatkan pelayanan umum.

Rosady Ruslan (2014: 342) menjelaskan tugas pokok humas pemerintah mencakup kepada:
1. Mengamankan kebijakan pemerintah
2. Memberikan pelayanan, menyebarluaskan informasi kebijaksanaan dan program-program kerja secara nasional kepada masyarakat
3. Menjadi komunikator dan mediator yang proaktif dalam menjembatani kepentingan pemerintah, menampung aspirasi, dan keinginan-keinginan publiknya
4. Berperan serta menciptakan iklim yang kondusif dan dinamis demi stabilitas keamanan, politik, dan pembangunan nasional, baik jangka panjang maupun jangka pendek.

Humas menjadi penghubung penting antara rakyat dengan pemerintah. Pada level apapun dalam suatu pemerintahan, humas bertugas untuk memberi tahu tentang program resmi atau apa-apa yang dilakukan oleh pemerintah.

Humas juga melakukan riset untuk menyusun dasar-dasar untuk memberi nasihat kepada para pejabat tentang kebutuhan rakyat atau masyarakat. Komunikasi menjadi alat penting dalam menjalankan aktivitas humas pemerintah antara pimpinan dan rakyatnya.

Rosady Ruslan (2014: 345) menjelaskan kegiatan rutin yang dilaksanakan humas pemerintah dalam menunjang pelaksanaan tugas dan fungsinya, yaitu:
1. Membangun dan membina saling pengertian antara pimpinan lembaga dengan khalayak ekternal dan internal
2. Memberikan pelayanan dan informasi, baik bersumber dari lembaga maupun dari publiknya
3. Menyelenggarakan dokumentasi untuk setiap peristiwa, kegiatan, atau acara penting yang terjadi di lingkungan lembaga
4. Mengumpulkan data dan informasi yang berasal dari berbagai sumber, khususnya yang berkaitan dengan kepentingan lembaga
5. Membuat produk publikasi humas.

Aktivitas komunikasi humas pemerintah tidak bisa dipisahkan dari media yang digunakannya. Pengelolaan media dalam dunia pemerintah terdiri atas informasi politik, dan informasi publik. Informasi politik dilakukan melalui para pejabat pers (biasanya dari para mantan wartawan) yang membangun dan menempatkan berita baik dan keberhasilan partai politik.

Sedangkan informasi publik dilakukan melalui departemen para pejabat publisitas, yaitu bagian pelayanan publik yang membantu desiminasi informasi dan operasi pemerintah. Tugasnya adalah memberikan informasi kepada publik tentang hak dan kewajiban, perundang-undangan, pelayanan pemerintah, dan membantu dalam mengarahkan sesuatu.

Keberhasilan kinerja humas pemerintah akan dapat dirasakan pimpinan pada saat tumbuhnya kepercayaan publik dan meningkatnya ektabilitas pimpinan tersebut dalam penyelenggaraan pemerintah sebagai kepada daerah. (Johnston, dalam Ardianto, 2013: 248).(dikutip dari berbagai sumber/google).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.