Tunjada ASN Desember 2019, Tidak Dibayarkan Murni Karena APBD Mentawai Devisit

by -

Semangatnews, Tuapejat – Murni dana tunjangan daerah ASN Kepulauan Mentawai tidak dibayarkan karena Anggaran Pembangunan Belanja Daerah (APBD) 2019 devisit. Dan ini tidak menyangkut adanya isu tunjangan hari Natal tidak dibayarkan. Tunjangan Natal yang sudah dibayarkan bersamaan dengan Tunjangan Hari Raya Idul Fitri pada bulan Juli 2019, yang semua ASN Kepulauan Mentawai dapat tanpa terkecuali.

Hal ini disampaikan Munir salah seorang kabag di Bappeda Kepulauan Mentawai ketika Menerima kunjungan Tim Dokumentasi Humas Setdaprov Sumbar, menghimpun data pembangunan daerah tertinggal Mentawai, Selasa (21/1/2020) lalu.

Munir menambahkan, kebijakan tidak dibayarkannya tunjada pada bulan Desember 2019 oleh Wakil Bupati Mentawai itu murni karena anggaran Devisit.

“Total kebutuhan anggaran tunjada itu mendekati nilai Rp.6 miliar, dengan pemberian tunjangan sesuai dengan tingkatan jabatan ASN dilingkungan pemkab Mentawai. Jika ada yang mengkaitkan dengan peringatan hari natal bagi saudara kita ASN dari nasrani, tunjangan hari raya sudah sama-sama dibagikan pada perayaan lebaran pada bulan Juli 2019 lalu”, terangnya.

Munir menegaskan, kita tahu betul kebijakan yang ditetapkan pak Wabup Kortanius amatlah berat, karena bertapa kami sebagai ASN sangat berharap, namun tidak ada solusi dari devisit selain tidak membayarkannya.

“Sebenarnya apa yang ditetapkan Pak Wabup, sudah juga pernah terjadi beberapa tahun lalu.Tidak ada niat buruk pemkab Mentawai soal tidak dibayarkannya Tunjada bulan Desember selain karena devisit anggaran APBD 2019”, tegasnya.

Munir juga menyampaikan harapan besar, karena kondisi wilayah dan tingginya nilai tukar kebutuhan sehari-hari, perlu penambahan tunjada ini agar menambah gairah kerja dilingkungan pemkab Mentawai.

“Kita berharap ada kenaikan tunjada pada tahun-tahun mendatang. Harga-harga kebutuhan sehari-hari terus meningkat karena kenaikan tunjada akan membantu kami dalam melaksanakan sehari-hari dikantor”, ujarnya.

Saat didesak semangatnews.com berapa idealnya untuk ASN staf dilingkungan pemkab Mentawai. mendapatkan tunjada, disebut sekitar Rp. 4 – 6 Juta perbulan harapanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.