Wabup Limapuluh Kota Tarik SK Pelantikan Pejabat

oleh -

SEMANGAT PAYAKUMBUH-Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Limapuluh Kota, Sumatera Barat Ferizal Ridwan menarik Surat Keputusan (SK) pelantikan dua jabatan eselon II dan pengembalian jabatan Sekretaris Daerah kepada Yendri Tomas dan mengembalikan jabatan pada pejabat lama.

“Ini untuk menindaklanjuti penjelasan dan rekomendasi gubernur bernomor 130/ 201/Pem-2017 tertanggal 21 Agustus 2017,” kata dia di Sarilamak, Selasa.

Ia mengatakan, langkah itu diambil untuk menaati rekomendasi Gubernur Sumbar serta sesuai hasil rapat dengan para pimpinan Organisasi Pimpinan Daerah (OPD). Sekaligus juga guna menjaga situasi kenyamanan terhadap stabilitas politik dan pemerintahan.

Meski demikian, ia tetap berpendapat bahwa pengukuhan dua jabatan tinggi pratama dan pengembalian jabatan sekda yang dilakukan Jumat (18/8) adalah upaya penyelamatan dan meluruskan berbagai kesalahan prosedur maupun proses pelaksanaan mutasi serta pengangkatan pejabat sesuai surat rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pada Februari 2017.

Kesalahan tersebut, katanya melanggar aturan pemerintah dan Undang-undang (UU) serta berpotensi menyebabkan pemakzulan (inpeachment) terhadap pasangan kepala daerah Irfendi Arbi-Ferizal Ridwan, dimana menyebabkan 16 kepala OPD termasuk jabatan sekdakab berstatus Plt.

Untuk mengisi kekosongan jabatan strategis itu berdasarkan rekomendasi KASN serta adanya Surat Keputusan Mendagri melalui Dirjen Otonomi Daerah (Otda) soal pemberian izin keluar negeri Bupati Irfendi Arbi serta SK pelimpahan tugas dan kewenangan kepada dirinya menjalankan tugas serta kewenangan bupati selama 43 hari.

Setelah SK ditarik, maka tiga jabatan yang sebelumnya diganti dikembalikan kepada pejabat yang lama atau yang dilantik pada Mei 2017.

Ferizal menegaskan kesepakatan antara para pimpinan OPD bukan karena adanya intervensi dari pihak manapun, kendati demikian ia tetap meninggalkan sejumlah catatan untuk memperbaiki kondisi sebagaimana mestinya menempatkan jabatan di Lingkungan Pemkab Limapuluh Kota.