Wacana Inovasi Desa Digital untuk Mentawai

oleh -

Semangatnews, Mentawai — Pembahasan Wacana Inovasi Desa Digital dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Program Inovasi Desa (PID) dan Tim Inovasi Kabupaten (TIK) untuk merancang Media sumber informasi berupa Website sebagai relasi pendapatan suatu desa di kabupaten kepulauan Mentawai.

Inovasi desa digital itu merujuk pada peranan di bidang Teknologi Informasi dalam menyediakan, melayani dan transaksi.

Hal itu diungkapkan Provider Politeknik Negeri Padang, Yohefizar kepada Wartawan pada acara tersebut. Senin, (15/07/2019). Bahwa ada 3 menfaat Website untuk menuju desa Mandiri.

Pertama, dalam bidang menyediakan Informasi, ia mengatakan peranan Website menjadi pintu informasi terkait perkembangan setiap desa di kabupaten kepulauan Mentawai.

Kedua, dalam bidang melayani Website juga dapat berkontribusi terhadap pelayanan publik.

Dan ketiga, dalam bidang transaksi Website dapat menjadi tempat transaksi dalam pemasaran produk yang berasal dari potensi Sumber Daya Alam yang terdapat di kabupaten kepulauan Mentawai.

Menurutnya, kabupaten kepulauan Mentawai, yang dibatasi dari berbagai pulau dan lautan tentu menjadi batas penghubung seperti jalan. Maka Website hadir memberikan solusi dengan terkoneksi ke Internet di setiap desa.

“Ini menjadi masukan bagi Dinas Komunikasi dan Informatika Mentawai, bagaimana desa di Mentawai dapat terkoneksi ke Internet,” Sebutnya.

Namun itu tergantung pada MoU Pemerintah Kabupaten kepulauan Mentawai dengan Politeknik Negeri Padang untuk hadir memberikan Kontribusi.(Erik)