Wagub Audy : BWM, PPM Al-Kautsar Jadikan Contoh Pengembangan Ekosistem Perekonomian Syariah.

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy meresmikan pendirian Bank Wakaf Mikro (BWM) Pondok Pesantren Modern (PPM) Al-Kautsar bertempat di Jl. Jenderal Sudirman KM. 9, Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Jum’at (2/4/2021).

Selain Wakil Gubernur, peresmian itu juga dilakukan oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Pusat Wimboh Santoso, dan Ketua Dewan Pembinaan Pondok Pesantren Modern Al-Kautsar Muhammadiyah Satilamat, H. Anwar Abbas.

Baca Juga:  Baznas Salurkan Empat Program Zakat kepada 136 Mustahiq

Wakil Gubernur mengatakan peresmian Bank Wakaf Mikro itu dilakukan merupakan salah satu dari sepuluh Bank Wakaf Mikro pilot project tahap ketiga dalam Program pemberdayaan masyarakat sekitar Pesantren.

“Melalui lembaga sejenis Pendirian Bank Wakaf Mikro, Lembaga Keungan Mikro Syariah yang diprakarsai oleh Lembaga Amil Zakat Nasional Bank Syariah Mandiri (LAZNAS BSM) dan difasilitasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” kata Wagub.

Baca Juga:  Apresiasi Satpol PP dan Damkar Pessel, Terbaik III dalam Penegakan Perda AKB Sumbar

Selanjutnya ia juga menyebutkan Bank Wakaf Mikro diarahkan dapat sebagai lembaga keuangan mikro dijadikan berbasis komunitas pesantren yang memberdayakan komunitas di sekitar pondok pesantren dengan mendorong pengembangan usaha melalui pemberian dana pinjaman untuk kelompok-kelompok bisnis masyarakat
yang produktif.

Di sisi lain, sesuai namanya, modal Bank Wakaf Mikro berasal dari wakaf umat sehingga Bank Wakaf Mikro juga menghadirkan alternatif pemanfaatan dana wakaf umat Islam.

Baca Juga:  Payakumbuh Mengumumkan, Enam Penambahan Kasus Positif Covid-19, Tiga Orang Bebas Isolasi

“Hal tersebut, pemberdayaan komunitas melalui lembaga keuangan mikro yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariat, sesungguhnya sangat cocok dengan nilai-nilai yang telah ada di Masyarakat Minangkabau”, sebut Wagub.