Wagub Audy: Data Statistik Penting untuk Mendukung Program Pembangunan Daerah

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Data statistik yang disediakan oleh Badan Pusat Statistik sangat dibutuhkan untuk mendukung program pemerintah dalam pembangunan karena sinergi dan kolaborasi perlu ditingkatkan.

“Sumbar memiliki potensi pertanian dan pariwisata. Untuk mengembangkannnya diperlukan berbagai dukungan dari semua pihak, salah satunya dari BPS berupa data statistik sebagai dasar mengambil kebijakan,” kata Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy saat membuka kegiatan Seminar Nasional dalam rangka Hari Statistik Nasional (HSN) 2021, yang gelar secara virtual di Kantor BPS Provinsi Sumbar, Rabu (22/9/2021).

Baca Juga:  Ormas Keagamaan Miliki Keleluasaan Guna Satukan Umat

Ia mengatakan dengan data statistik dapat dipantau perkembangan sektor pertanian dan pariwisata dari waktu ke waktu dapat diketahui perkembangannya sebagai dasar pengambilan kebijakan dalam pembangunan.

Data sangat berperan menjadi acuan utama dalam menyusun perencanaan dan kebijakan
pembangunan nasional dan daerah sehingga lebih tepat sasaran.

Sebagai instansi penyedia data, BPS Sumatera Barat merupakan penyumbang data statistik
utama bagi pemerintah Sumatera Barat. Namun demikian tidak semua data menjadi kewajiban BPS.

Baca Juga:  Anak Buruh Becak, Alumni SMP 1 Dumai Itu Tak Pernah Menduga Jadi Gubernur

Statistik sektoral seperti statistik pariwisata sesuai dengan Perpres39/2019 tentang Satu Data Indonesia, menjadi kewajiban OPD/satuan kerja masing-masing.

Peraturan tersebut memberikan pedoman bagi instansi pusat dan daerah dalam penyelenggaraan tata kelola data; mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses mendorong keterbukaan dan transparansi data; dan mendukung Sistem Statistik Nasional.

Baca Juga:  Wagub Audy: Pramuka Diminta Fokus Sukseskan Vaksinasi dan Lawan Hoaks

“Kedepannya, saya berharap kerja sama yang semakin erat antara BPS dengan semua instansi di lingkungan Provinsi Sumatera Barat sehingga apa yang diharapkan Perpres 39 tahun 2019 yaitu terwujudnya Satu Data Indonesia di Sumatera Barat dapat dilakukan dengan baik,” katanya.

No More Posts Available.

No more pages to load.