Wagub Narul Abit Sempatkan Diri Kunjungi Makam Mohmmad Yamin di Talawi

oleh -

Wagub Narul Abit Sempatkan Diri Kunjungi Makan Mohmmad Yamin di Talawi

Semangatnews, Sawahlunto – Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit bersama Walikota Sawahlunto Deri Asta menyempatkan diri ziarah kemakam Pahlawan Nasional Mohmmad Yamin di Kecamatan Talawi Sawahlunto, setelah acara penyerahan bantuan tunai langsung (BLT) bagi masyarakat yang terdampak penanganan covid 19 di Kota Sawahlunto.

” Sosok Mohammad Yamin. Namanya tak bisa dipisahkan saat kita berbicara tentang gerakan pemuda dan lahirnya Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Mohammad Yamin salah satu yang berperan dalam gerakan pemuda yang melahirkan sejumlah organisasi atau perhimpunan yang menjadi cikal bakal lahirnya semangat persatuan di Nusantara dan akhirnya melahirkan Sumpah Pemuda. Mohammad Yamin lahir di Talawi, Sawahlunto, Sumatera Barat pada 23 Agustus 1903″, ujar Nasrul Abit disela-sela ziarahnya dimakam Mohd. Yamin di Talawi Sawahlunto, Kamis (7/5/2020).

Baca Juga:  Gubernur Mahyeldi : Sekolah Swasta Miliki Keunggulan Dari Sekolah Negeri

Nasrul Abit juga katakan, Mohammad Yamin anak nagari Minangkabau yang mengenyam pendidikan di Sekolah Desa dan Sekolah Rakyat masa itu. Setelah itu, putra pasangan Usman Baginda Khatib dan Siti Saadah ini melanjutkan studinya ke Algemeene Middelbare School (AMS) atau setingkat sekolah menengah atas di Yogyakarta. Dari situ, Yamin kemudian mempelajari hukum di Rechts Hooge School atau Sekolah Tinggi Ilmu Hukum dan mendapat gelar Meester in Rechten (Mr).

Baca Juga:  Akhirnya Biaya Tarik Tunai dan Cek Saldo di ATM LINK Dibatalkan Himbara

” Kongres Pemuda dan Lahirnya Sumpah Pemuda Mohammad Yamin merupakan sarjana Indonesia yang pernah menerima gelar Sarjana Agung Mahaputera. Gelar tersebut diberikan pemerintah kepada dirinya atas peran Yamin sebagai negarawan dan pujangga. Sosok Mohammad Yamin dapat dijadikan salah satu contoh teladan bagi generasi muda saat ini atas segala usaha dan perjuangan kebangsaan untuk Indonesia merdeka”, ungkap Nasrul Abit.

No More Posts Available.

No more pages to load.