Wagub Nasrul Abit: Kita menyambut Baik Program Sertifikat Tanah Untuk Rakyat

by -

Semangat Padang-Kita menyambut baik program Kementrian Agraria dan Tara Ruang Badan Pertanahan Nasional (BPN), ini sebuah langkah untuk kepastian hukum sebagai pemilik hak atas tanah oleh masyarakat.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Narul Abit disela sela acara telekompren Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dengan 5 (lima) provinsi, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Sulawesi Tenggara dan Bengkulu, di Audolitorium UNP Padang, Sabtu, (23/12/2017).

Lebih jauh Wagub Nasrul Abit menyampaikan, adanya sertifikat tanah bagi masyarakat ini dapat memudahkan masyarakat untuk memgembangkan usahanya, baik atas pinjaman pihak perbankan maupun rasa aman masyarakat dalam persoalan tanah di daerahnya masing-masing.

Presiden juga berpesan, bagaimana masyarakat yang menerima sertifikat tanah dapat memanfaatkan dengan baik dan benar. Jangan mudah saja memakai sertifikat tanah sebagai jaminan pinjam uang ke bank semenara tidak bisa mencicil, itu malah bisa celaka dan tidak baik. “Maka berhitung-hitunglah dahulu, jika sangup silahkan karena ini untuk meningkatkan produktifitas masyarakat untuk berusaha agar sejahtera,” ungkap Naarul Abit

Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan, saat ini hadir 3 ribu penerima sertifikat tanah dari 13 kabupaten/kota se Sumatera Barat. Dari yang telah selesai 22 ribu dan akan mencapai 32 ribu hingga akhir tahun.

Mudah-mudah target sertifikat di Sumatera Barat dapat berjalan demgan baik dan lancar. Jika perlu aparat Bapan agar turun kelapangan persoalan tanah di lapangam agar dicek berbenar-benar ke lapangan, baik oleh perangkat adat dan agar persoalan tanah ulayat ini tidak berlarut-larut, sehingga tidak menimbulkan kesalahpaham dan konfik yang tidak perlu.

“Mari kuta dukung program Sertifikat tanah untuk rakyat di Sumatera Barat yang tahun 2018 diberi target sebesar 80 ribu,” Himbaunya.

Diakhir acara presiden Joko Widodo, menanyai masyarakat dan membagikan sepeda kepada masyarakat di kelima provinsi tersebut.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.