Wagub Sumbar Ajak Setiap Pelaku Pasar Mesti Mengikuti Protokol Antisipasi Covid 19

by -

Wagub Sumbar Ajak Setiap Pelaku Pasar Mesti Mengikuti Protokol Antisipasi Covid 19

Semangatnews, Padang – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyampaikan himbauan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota untuk dapat melakukan penertiban dan di pasar-pasar termasuk pasar-pasar tradisional masing-masing untuk mengikuti protokol kesehatan dalam penanganan penyebaran Covid-19.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit sela-sela memimpin vidcon bersama Kadisperindag Kabupaten/ Kota se Sumbar terkait Pelayanan Pasar di Sumbar dan didampingi oleh Kadisperindag Prov. Sumbar Asben Hendri, SE, MM, diruang rapat kerja wagub, Selasa (5/5/20202),

Wagub Sumbar menegaskan yang menjadi fokus terkait pelayanan pasar tersebut dengan melakukan pembatasan pada akses masuk pasar.

” Setiap pedagang dan masyarakat yang akan masuk pasar diwajibkan menggunakan masker dan juga disiapkan tempat cuci tangan maupun hand sanitizer. Dan juga, pedagang dan masyarakat agar tetap jaga jarak aman dan selalu menjaga kebersihan diri dan kebersihan lingkungan pasar”, himbau Nasrul Abit.

Nasrul Abit juga harapkan kepada petugas pasar dalam menjaga kebersihan lingkungan pasar dengan melakukan penyemprotan desinfektan secara simultan. Dan apabila diperlukan pengamanan dengan bantuan Satpol PP dapat berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat.

” Terkait dengan pedagang keliling (ngampas) yang berasal dari daerah zona merah, kita akan membuat surat himbauan kepada Pemerintah Kabupaten/ Kota agar melarang atau membatasi pedagang tersebut beroperasi dan surat ini juga ditembuskan ke aparat kepolisian dan TNI agar melakukan pembatasan di setiap perbatasan yang ada di Kabupaten/ Kota”, ajaknya.

Wagub juga sampaikan agar komitmen ini dapat dijalan dengan baik, keberhasilan tentunya tergantung dengan kerjasama petugas yang berperan di lapangan.

” Dan tentunya, kegiatan pasar khususnya pendistribusian dan ketersediaan 9 (sembilan) bahan pokok agar tetap berjalan dengan baik. Setiap pedagang diharuskan tetap memperhatikan protokol kesehatan penanganan penyebaran Covid-19″, kata Nasrul Abit. (hms-sumbar)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.