Wagub Sumbar Lepaskan 15 Ribu Bibit Ikan di Nagari Sikabau

oleh -
Wagub Sumbar Lepaskan 15 Ribu Bibit Ikan di Nagari Sikabau, Dharmasraya

SEMANGATNEWS.COM, DHARMASRAYA – Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy melepaskan 15.000 bibit ikan restocking air tawar di Lubuk Larangan Sungai Batang Mimpi, Nagari Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, pada Rabu (7/12/2022).

Bibit ikan nya adalah bibit ikan baung, nilem, dan ikan kering.

Audy Joinaldy mengatakan Program Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan 10 persen anggaran dari APBD untuk bidang pertanian (termasuk di dalamnya perikanan kelautan, pertanian, kehutanan, dll).

“Kota dan Kabupaten di Sumatera Barat sudah ada 2,7 juta ekor bibit ikan. Di sini ada sekitar 15.000 bibit ikan. Tujuannya untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar sini,” ujar Wagub Audy.

Selain memberikan bibit, Wagub Audy juga memberikan beberapa tips agar pemasaran perikanan di Nagari Sikabau bisa maju, yakni dengan pelatihan hilirisasi perikanan dan pengolahan, untuk meningkatkan value produk. Selain itu, pemanfaatan media digital untuk pemasaran juga perlu ditingkatkan.

“Coba kita perkuat disektor hilirisasi, ini bisa belajar dari dinas perikanan, dan ada programnya, mulai dari hilirisasi perikanan laut dan tawar,” lanjut Wagub Audy.

Wagub Audy berharap semoga semua tokoh masyarakat bisa kompak dalam mengembangkan wilayahnya. Hal ini juga sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Jorong Kapalo Koto, beliau berharap masyarakat mampu melestarikan Sungai Batang Mimpi di Nagari Sikabau.

“Marilah kita sama-sama menjaga dan melestarikan kebersihan Sungai Batang Mimpi. Sehingga bibit yang diberikan bisa meningkatkan perekonomian kita,” ujar Kapalo Jorong.

Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Kadis Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat Dr. Ir. Desniarti, dan Kadis Kelautan dan Perikanan Dharmasraya, Kepala Jorong, Ketua Jorong, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang, dan masyarakat Sikabau.

Acara dilanjutkan dengan penanaman bibit padi di Jorong Bukit Mindawa Nagari Sikabau sekaligus memberikan bibit pohon manggis, bibit pohon durian, dan bibit pohon lainnya oleh Wagub Audy kepada kelompok tani Sikabau.(*)

Dinas Kominfotik Sumbar

No More Posts Available.

No more pages to load.