Wagub Sumbar Peletakan Batu Pertama Pembangunan SMK IT Al Izhar

oleh -

Wagub Sumbar Peletakan Batu Pertama Pembangunan SMK IT Al Izhar

Semangatnews, Padang – Wakil Gubernur Sumatera Barat, Drs. H. Nasrul Abit melakukan peletakan batu pertama SMK Islam Terpadu Al Izhar di Cegek Jorong Dalam Koto, Kamang Hilia Agam, Sabtu (7/9/2019).

Dalam sambutannya Ia mengatakan SMK IT memiliki andil besar kemajuan bidang pendidikan, selain itu pesantren juga merupakan benteng akidah dan moral yang telah membantu pemerintah dalam bidang pembangunan manusia seutuhnya.

Pendidikan Islam Terpadu merupakan salah satu pembentukan pendidikan yang membentuk karakter yang memiliki nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya, dan adat-istiadat.

“Hal ini selaras dengan sila pertama Pancasila yakni Ketuhanan Yang Maha Esa. Ketuhanan identik dengan keimanan dan ketakwaan,” kata Wagub Sumbar.

SMK Islam Terpadu Al Izhar adalah salah satu pembentukan karakter yang saat ini ditekankan oleh pemerintah baik dari pusat, provinsi sampai dengan kabupaten kota yang berbasis Islam berlandasankan Al-Qur’an dan As Sunnah, serta akumulasi proses pembudayaan dan pengembangan Islam secara menyeluruh.

“SMK IT didirikan sebagai lembaga pendidikan yang menyandingkan antara Iptek dan ilmu Agama. Sebab ilmu tanpa Agama adalah buta dan agama tanpa ilmu adalah lemah,” ucap Nasrul Abit.

“Saya sangat mengapresiasi, dengan keberadaan SMK IT ini bisa mencetak generasi bangsa berakhlak mulia, cerdas dan berkeahlian yang berdasarkan Islamyah,” ujarnya.

Wagub mengaku bersyukur sudah banyak sekolah-sekolah yang menerapkan konsep pendidikan yang berbasis islami di Sumbar. Untuk itu, ia berharap SMP Islam Terpadu (SMP IT) dapat memberikan pendidikan islam yang baik kepada siswanya sekaligus menghindari nakorba, perbuatan maksiat, LGBT dan penyakit masyarakat lainnya.

Pada kesempatan sama Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, ST, MT menyampaikan, pendidikan karakter dalam Islam dapat dipahami sebagai upaya penanaman kecerdasan kepada anak didik dalam berpikir, bersikap, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai luhur yang menjadi jati dirinya, seperti pembentukan sikap, watak, tabiat, sifat-sifat kejiwaan, budi pekerti, kepribadian atau akhlak.

“Selaku pemerintah daerah, kami merasa bangga dengan pendirian SMK Islam Terpadu Al Izhar, apalagi dengan modal dasar pendidikan agama yang kuat akan menjadi pondasi akhlakul karimah generasi muda penerus bangsa,” ungkap wabup Agam.

Farhan berharap setelah dilakukannya peletakan batu pertama oleh Wakil Gubernur Sumbar, mampu memotivasi pesantren dalam pembangunan sekolah agar terlaksana dengan sukses.

Setelah sambutan acara dilanjutkan dengan peletakan batu pertama oleh Wagub Sumbar Nasrul Abit, Ketua DPRD Sumbar Sementara Desrio Putra, Wabup Agam, Trinda Farhan Satria dan Ketua DPRD Agam Sementara Novi Irwan serta dilanjutkan oleh pendiri SMK IT Al Izhar.
#nov
#humassumbar