Wakil Menteri Desa PDTT Sebut Lima Program Nasional di Nagari

oleh -

SEMANGATNEWS.COM, DHARMASRAYA – Wakil Menteri Desa PDTT, Budi Ari Setiadi sebutkan lima program prioritas nasional yang mesti diterjemahkan oleh Pemerintahan Nagari atau Desa.

Hal itu dijelaskan Wamen saat memberikan sambutan dihadapan 42 orang Wali Nagari se Kabupaten Dharmasraya usai dilantik Bupati Sutan Riska untuk masa jabatan 2022-2028 di Auditorium kantor Bupati setempat, Kamis (8/12).

Lima program prioritas nasional yang mesti diterjemahkan oleh pemerintahan di level nagari adalah Ketahanan Pangan, Penanggulangan Kemiskinan Ekstrim, Penurunan Stunting. Selanjutnya ada program Digitalisasi dan Ekonomi Desa.

“Pemerintah Desa atau Nagari berkewajiban memastikan kebutuhan pangan warganya tercukupi. Syukur-syukur berlebih bisa dikasih ke desa lain,” terang Wamen Budi Ari.

“Yang kedua, pemerintah nagari bersama pemerintah kabupaten, propinsi dan pusat untuk bersama-sama dapat melakukan penanggulangan kemiskinan ekstrim,” sebut beliau.

Selanjutnya Wamen Budj Ari mengungkapkan yang menjadi skala prioritas itu adalah penurunan stunting. Pada posisi ini peran penting ibu-ibu PKK untuk secara bersama-sama sangat dibutuhkan.

Prioritas ke empat adalah Digitalisasi. Pelayanan publik yang selama ini manual bertransformasi kepada pelayanan bersifat digital.

Terakhir, sebut Wamen adalah terkait dengan perekonomian desa. Dalam hal ini adalah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Menurut beliau, BUMDes kalau dikelola dengan baik, selain dapat meningkatkan Pendapatan Asli Nagari tentu akan dapat mensejahterakan masyarakat nagari.

“Indonesia akan maju kalau daerah-daerahnya maju, dan kemajuan daerah diawali dari kemajuan desa. Berarti membangun desa membangun Indonesia,” tutup Wamen.

Sebelumnya Bupati Sutan Riska menyampaikan ucapan selamat datang dan terimakasih atas kepada Wakil Menteri Desa PDTT memberi motivasi kepada Wali Nagari untuk kelancaran roda pemerintahan di nagari.

Beliau juga tidak lupa mengapresiasi atas dedikasi yang telah diberikan oleh Wali Nagari baik yang memasuki purna bakti maupun pelaksana tugas hingga dilantiknya Wali Nagari defenitif.(rsy)

No More Posts Available.

No more pages to load.