Wakil Walikota Minta Maaf Karena Terlambat Serahkan Bonus Atlit Porprov.

oleh -

Semangatnews, Payakumbuh – Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz serahkan bonus atlet peraih medali pada Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) XV Sumatra Barat yang berlangsung pada Desember 2018 lalu, Rabu 27 Maret 2019. Penyerahan ini juga dihadiri Asisten I Yoherman dan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh Elfriza Zaharman.

Dalam penyerahan tersebut, Wakil Walikota Payakumbuh juga minta maaf atas keterlambatan pembayaran bonus atlet tersebut. Ia berharap ke depannya dapat lebih baik lagi dalam perencanaan pembayaran bonus atlit yang telah mengharumkan nama Kota Payakumbuh dalam ajang dua tahunan ini.

“Pemerintah selalu memikirkan bagaimana ke depannya lebih baik lagi. PORPROV berikutnya, perencanaan bonus kita harapkan akan dapat terselenggara dengan baik. Kalau bisa, sebelum kering keringat dapat dibayarkan,” kata Erwin Yunaz.

Ia menjelaskan bahwa dalam pembayaran bonus ini, pemerintah terpaksa membayarkan sebagian karena keterbatasan anggaran. Hal ini dikatakannya karena pada Porprov XV Sumbar di Padang Pariaman ini jumlah raihan medali Kota Payakumbuh melebih target yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Alhamdulillah tahun ini melampaui target yang kita harapkan. Dimana target hanya 25 medali emas, ternyata kita berhasil meraih 34 medali emas. Namun tentunya akan berpengaruh kepada anggaran yang harus kita bagi dan bayarkan. Insya Allah di anggaran perubahan telah diusulkan dan nantinya akan dibayarkan kekurangannya,” ujar Wawako didampingi Kadisparpora.

Sementara itu, Kadisparpora Elfriza Zaharman menambahkan bahwa PORPROV XV Sumbar di Padangpariaman, tercatat sebanyak 34 medali emas, 58 medali perak, dan 55 medali perunggu yang berhasil diraih oleh Kota Payakumbuh. Kemudian untuk bonus atlit, Kadisparpora yang akrab disapa Buk Cece ini mengatakan untuk bonus perorangan, emas sebesar Rp40juta, perak Rp11juta, dan perunggu Rp9juta.

“Kalau untuk double atau 2 orang, bonus medali emasnya sebesar Rp41juta, perak Rp13juta, dan perunggu Rp11juta. Sedangkan kategori beregu, 3 sampai 5 orang, medali emas diberikan bonus sebesar Rp43juta, medali perak Rp25juta, dan medali perunggu Rp19juta,” kata Buk Cece didampingi Kabid Olahraga An Denitral.

Selain itu, untuk kategori beregu khusus yaitu sepakbola, sepak takraw, basket, futsal, dan dayung diberikan bonus sebesar Rp80juta untuk medali emas, Rp25juta medali perak, dan Rp23juta medali perunggu. Kadisparpora juga menambahkan bahwa untuk bonus pelatih akan dibayarkan sebesar 20 persen dari perolehan medali kali perkeping.