Wako Riza Lounching Gerakan Payakumbuh Berwakaf

oleh -

Semangatnews Payakumbuh-Walikota Payakumbuh, Riza Falepi didampingi Wakil Walikota, Erwin Yunaz, Ketua DPRD, YB. Dt. Parmato Alam, dan Kepala Kantor Kemenang Kota Payakumbuh, Asra Faber melounching gerakan Payakumbuh Berwakaf. Lonching dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Walikota Payakumbuh pada Senin, (9/4).

“Wakaf cakupannya luas, beda dengan zakat, yang memiliki syarat dan ketentuan. Zakat hanya buat golongan hasnaf yang delapan, diluar itu tidak bisa digunakan, sementara wakaf bisa mencakup lebih luas segmen, bahkan bisa diproduktifkan,” ujar Walikota, Riza Falepi.

Baca Juga:  Ayo Ikut! Pemko Payakumbuh Gelar Mega Gebyar vaksinasi Di Balaikota

Dikatakan, wakaf merupakan cara menjaga kelangsungan umat dari sisi ekonomi, kesejahteraan Dan sosial mereka. Wakaf bisa menjadi cara untuk memberdayakan ekonomi ummat.

“Kenapa saya peduli gerakan Payakumbuh Berwakaf ini, karena didasarkan kepada keyakinan bahwa pertumbuhan ekonomi Kota Payakumnuh bisa ditingkatkan dengan program wakaf ini,” ujar Wako Riza.

Dijelaskan, wakaf memiliki fleksibilitas dalam penggunaan dana yang dihimpunnya. Keuntungan dari dana wakaf yang diproduktifkan bisa langsung digunakan untuk memperkuat dan melebarkan usaha tersebut.

Baca Juga:  Kembali Satu Orang Meninggal, 19 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

“Kita ingin meningkatkan pertumbuhan ekonomi menggunakan dana APBD melalui berbagai program, katakanlah program budidaya sapi. Cuma kelemahannya, keuntungan dari budidaya sapi jika menggunakan dana apbd, maka baru bisa dikembangkan menunggu tahun anggran berikutnya, kalau sumbernya dari wakaf bisa langsung dikembangkan, misalnya beli sapi atau anakan sapi baru,” beber Riza.

Meski demikian, Riza mengingatkan, fleksibilitas yang dimiliki dana wakaf ibarat pisau bermata dua. Dia punya potensi untuk diselewengkan.

No More Posts Available.

No more pages to load.