Walikota Apresiasi Lurah Parit Rantang Yang Berhasil Bedah Rumah Warga Secara Swadaya.

by -

Semangatnews,Payakumbuh-Lurah Parit Rantang Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Finto Handayana Putra, mengerakan swadaya warganya untuk melakukan bedah rumah. Berkat kegigihannya, Finto berhasil menghimpun dana sekitar 12 juta rupiah dan secara gotong royong melakukan proses bedah rumah.

Adalah Armansyah (61 th), Warga RT.06/RW.04 kelurahan setempat yang beruntung memproleh bantuan bedah rumah murni swadaya tersebut. Duda yang bekerja serabutan tersebut mengaku sangat bersyukur atas bantuan bedah rumah swadaya dari masyarakat setempat.

Peresmian pemakaian rumah Armansyah dilakukan melalui prosesi gunting pita yang dilakukan oleh Walikota Payakumbuh, Riza Falepi bersama Ketua DPRD, YB. Datuk Parmato Alam pada Kamis (27/12). Turut hadir dalam peresmian, Camat Payakumbuh Barat bersama unsur Muspika, Lurah Se-Kecamatan Payakumbuh Barat dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam laporannya, Lurah Finto menyampaikan bahwa bedah rumah tersebut murni terselenggara berkat adanya swadaya dari masyarakat. Swadaya tidak hanya sebatas pengumpulan dana tetapi juga proses pengerjaan rumah dari awal hingga akhir yang dikerjakan secara gotong royong.

“Alhamdulillah berkat swadaya bersama rumah pak Arman berhasil kita bedah, mulai dari penggantian atap dan loteng, pengecoran lantai, pembuatan wc, pembelian tikar plastik, lemari dan beberapa perabot rumah lainnya, semuanya murni swadaya dari masyarakat pak,” lapor Finto kepada Walikota dan hadirin yang hadir.

Sementara Ketua DPRD memgapresiasi tindakan Lurah beserta warg Kelurahan Parit Rantang. Menurutnya, semangat kebersamaan seperti program bedah rumah tersebut perlu dicontoh.

“Ini bukti bahwa kebersamaan bisa menyelesaikan banyak hal. Meski bantuan pemerintah belum ada, tetapi berkat swadaya, rumah warga kita yang kurang mampu bisa direhab,” ujar YB. Dt. Parmato Alam.

Walikota Payakumbuh mengucapkan terima kasih atas kerja keras yang dilakukan Lurah beserta warga Parit Rantang. Sejak awal dirinya memang menginginkan sosok lurah yang mampu membuat terobosan ditengah keterbatasan anggaran daerah.

“Terima kasih kepada Pak Lurah dan warga Parik Rantang yang telah bahu membahu berhasil memberi manfaat kepada sesama. Menghimpun swadaya ini tidaklah gampang dan pola seperti ini merupakan salah saru cara menyelesaikan masalah yang tidak selesai melalui angaran daerah. Saya kira ini perlu contoh,” ujar Walikota.

Walikota Riza mengakui bahwa masih banyak warga yang membutuhkan bantuan sosial termasuk bedah rumah. Akan tetapi karena keterbatasan anggaran, tidak semua permintaan bisa dipenuhi langsung.

“Secara bertahap kita akan terus tangani persoalan sosial masyarakat kita, bersama pak Ketua DPRD insyaAlah kita komit untuk memperkuat anggaran sosial ini,” pungkas Walikota disambut anggukan Ketua DPRD.(jn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.