Warga Berinisiatif Mencari Sumber Air Untuk Dukung Proyek TMMD

oleh -

Warga Berinisiatif Mencari Sumber Air Untuk Dukung Proyek TMMD

Semangatnews, Kendal – Luar biasa yang dilakukan oleh warga Desa Sendang Kulon, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, dalam mendukung pelaksanaan TMMD Reguler ke-109 Kodim 0715/Kendal, di desanya.

Mengetahui bahwa bersamaan dengan TMMD terjadi kelangkaan air akibat musim kemarau, beberapa warga berinisiatif untuk mencari sumber air di beberapa titik yang lokasinya tidak jauh dari sasaran fisik TMMD.

”Kami tidak ada yang perintah, hanya yakin untuk mendukung pekerjaan TMMD, terutama di pengecoran jalan yang panjangnya mencapai 1,2 Km akan membutuhkan banyak air, sementara di bulan September ini di desa kami sudah sulit air. Untuk itu kami berinisiatif untuk mencari sumber pair,” ujar Parman (47) salah satu warga Desa Sendang Kulon.

Menurutnya,bersamaan pelaksanaan TMMD, justru di pemukiman penduduk juga sulit air karena musim kemarau. Untuk itu upaya mencari mata air itu dimaksudkan nantinya selama pelaksanaan TMMD, bisa mengambil air dari tempat mata air, diangkut dengan kendaraan, dan dituangkan dalam tandon sejumlah drum.

Terpisah Babinsa Sendang Kulon, Serda Rossi, mengatakan, ternyata membangun jalan dekat dengan pemukiman penduduk tidak jaminan ketersediaan air mumpuni. ”Sudan sekitar sebulan ini di pemukiman penduduk (Desa Sendang Kulon -red) air juga minim. Untuk itu satu-satunya jalan untuk mencukupi air saat pengecoran jalan perlu membikin sumur di dekat lokasi TMMD,” jelasnya.

Dikatakan, soal ketersediaan air itu pihaknya yakin bisa teratasi. Caranya dengan membikinkan sumur dan di sedot pakai pompa air. Sementara itu di lokasi pembangunan jalan nantinya akan ditempatkan sejumlah drum untuk penampungan. (Pendim 0715/Kendal)