Wawako Erwin Ajak Masyarakat Koto Nan Gadang Selamatkan Arsip Sejarah KAN.

by -

Semangatnews, Payakumbuh – Dihadapan puluhan pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) Koto Nan Gadang, Wakil Walikota menyampaikan keinginannya untuk menyelamatkan arsip-arsip KAN Koto Nan Gadang dan Ranji keluarga masyarakat. Masyarakat Koto Nan Gadang diminta untuk mengumpulkan dokumen tersebut untuk diarsipkan secara rapi oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Payakumbuh.

Dengan itu, dokumen-dokumen yang telah tersebar dan disimpan didalam gudang oleh masyarakat bisa dikumpulkan dan diduplikatkan. Gunanya, masyarakat bisa menjadikan dokumen tersebut sebagai acuan maupun merunut sejarah Koto Nan Gadang.

“Saat ini masih banyak arsip-arsip penting yang memiliki nilai sejarah di tengah masyarakat. Saya harap itu dikumpulkan. Nantinya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan membantu untuk menggandakan dokumen tersebut. Ini upaya kami untuk menyelamatkan ilmu pengetahuan yang penting,” kata Erwin Yunaz, Senin (14/01/2019).

Duplikat yang dimaksud Erwin, tidak lain memindahkan isi data dokumen fisik menjadi dokumen digital. Nantinya dokumen ini akan diupload untuk konsumsi publik melalui website.

“Namun tidak semua yang bisa di publish. Karena d setiap instansi pasti ada arsip yang sifatnya rahasia,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Payakumbuh, Zulinda Kamal mengatakan digitalisasi ini upaya menyelamatkan warisan pengetahuan kepada anak cucu nantinya. Arsip digital KAN ini akam diakses dalam bentuk website maupun aplikasi khusus.

“Jadi jika terjadi apa-apa dengan arsip, data objek tersebut akan terselamatkan. Kami akan fasilitasi nanti berupa website dan aplikasi,” kata Linda.

Disamping itu, poin terpenting dari arsip ada adalah ranji suku dan keluarga. Di era millenial ini, jumlah penduduk dan arus migrasi semakin banyak terkadang membuat masyarakat adat lupa akan silsilah keluarganya. Jadi dengan arsip digital ini mereka bisa saling tahu dan mengenal sanak saudaranya dimanapun berada.

“Termasuk ranji suku dan keluarga. Hal ini bisa menjalin kembali hubungan silatureahmi yang lama terputus,” kata Linda lagi.

KetuA KAN Koto Nan Gadang, Ir. Anda Roza Putra Dt Batiah Baringek menyambut baik program dinas Kearsipan dan Perpustakaan ini. Ditambah lagi ada bantuan tenaga dari dinas kearsipan untuk menelusuri arsip yang keberadaannya terpencar-pencar.

“Kami membuka pintu selebar-lebarnya untuk program ini. Semoga berjalan baik sesuai yang direncanakan. Ini akan sangat membantu kami di Koto Nan Gadang,” kata Ketua KAN. (jn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.