Wawako Erwin, Irup Pada HKN Ke 54 di Kota Payakumbuh

by -

Semangatnews, Payakumbuh — Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz langsung memimpin acara Hari Kesehatan Nasional ke 54 di Kota Payakumbuh. Orang nomor dua di Kota Payakumbuh ini juga bertindak sebagai inspektur upacara yang dilaksanakan di halaman kantor dinas Kesehatan Payakumbuh, Sawah Padang, Payakumbuh Selatan, Senin (12/11/2018) pagi.

Dalam upacara tersebut, Wakil Walikota membacakan amanat Menteri Kesehatan Prof. dr. Nila Farid Moeloek Sp. M(k). Dalam amanat ini menjelaskan bagaimana perkembangan kesehatan di Indonesia dan realista masyarakat dalam menjaga kesehatan tubuh maupun lingkungan.

Selama tahun 2014, terjadi peningkatan orang sakit yang harus ditangani oleh tenaga medis. Faktornya mayoritas kesadaran menjaga kesehatan masyarakat ini masih rendah. Untuk menanggapi hal ini, pemerintah mau tidak mau harus melakukan gebrakan untuk menyeimbangi peningkatan pasien.

Selama 4 tahun kepemimpinan Jokowi-JK, Pemerintah fokus dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat. Terbukti perlindungan financial telah dibayarkan kepada Penerima Iuran Bantuan (PIB) sebanyak 87.8 juta jiwa pada tahun 2015 dan pl pada tahun 2017 meningkat sebanyak 92.3 juta jiwa.

Layanan JKN jiga meningkat dari 19.969 tahun 2015, menjadi 21.763 di tahun 2017. Kemudian peningkatan layanan Fasilitas Kesehatan dari 1.847 faskes di tahun 2015 menjadi 2.292 faskes di tahun 2017.

Untuk memeratakan pelayanan kesehatan, Kemenkes telah menyebar para dokter muda ke daerah terpencil dan terluar indonesia. Tercatat 6.313 dokter muda menyebar melalui program Nusantara Sehat (NS). Ini membuktikan kepedulian pemerintah terhadap kesehatan masyarakatnya sangat tinggi.

Selain itu, pengadaan fasilitas kesehatan seperti alat kesehatan, puskesmas, rumah sakit, ambulance jauh meningkat. Jadi, tenaga media sudah bisa memaksimalkan potensinya untuk melayani pasien.

Usai membacakan amanat ini, Wakil Walikota meminta agar seluruh masyarakat Kota Payakumbuh menjaga kesehatannya. Bahkan dirinya mengaku semangat sebagai contoh masyarakat dalam menjaga kesehatan.

“Mari kita semua jaga kesehatannya. Makan yang sehat, jangan yang instan. Rajin berolahraga dan jauhi narkoba. Saya siap menjadi contoh masyarakat untuk menjaga kesehatan,” jelasnya.

Erwin juga meminta kepada nasyarakat untuk tidak melemparkan tanggung jawab menjaga kesehatan ini hanya kepada tenaga medis. Namun, kesehatan ini tanggung jawab bersama. Dengan itu, akan tercipta lingkungan yang bersih dan rapi. (jn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.