YPP PDRI Usulkan Khatib Sulaiman Sebagai Pahlawan Nasional

oleh -

Khatib Sulaiman Bentuk Giyugun, Cikal Bakal Pembentukan TNI

Semangatnews, 50 Kota – Yayasan Peduli Perjuangan (YPP) Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) memasukkan surat pengusulan Khatib Sulaiman sebagai Pahlawan Nasional ke Menteri Sosial, Juliari P. Batubara.

Surat ini langsung diantarkan oleh Sekretaris YPP PDRI, Ferizal Ridwan S.Sos, Minggu (9/2/2020).

Surat yang bernomor 02/YPP-PDRI.1948-1949/I.2020 ini akan dijadikan referensi awal bagi Kementerian Sosial untuk menelaah bagaimana peran Khatib Sulaiman dalam memperjuangkan Kemerdekaan RI dari penjajahan.

Baca Juga:  Dumptruk Terjun Kejurang dan Terbakar, Sopir Selamat

Dalam surat ini juga dijabarkan beberapa peranan Khatib Sulaiman selama menjadi pejuang baik selama masa penjajahan Belanda dan Jepang. Termasuk peran Khatib Sulaiman dalam mempertahankan kemerdekaan dari Belanda dan Sekutu.

Disamping itu, pengusulan gelar pahlawan nasional kepada Khatib Sulaiman yang tengah di perjuangkan oleh YPP PDRI ini juga bagian dari perjuangan beberapa organisasi perjuangan pahlawan di Sumatera Barat yang mulai bergerak sejak beberapa tahun silam.

Baca Juga:  Pendaftaran CPNS 2021 Segera Dibuka, Ini Persyaratan Umum yang Harus Disiapkan

“Ini bagian dari dukungan dan perjuangan YPP PDRI kepada masyarakat Sumatera Barat yang menginginkan Khatib Sulaiman diangkat sebagai Pahlawan Nasional. Sebab, rakyat Indonesia perlu tahu bagaimana perjuangan Khatib Sulaiman yang cukup luar biasa dalam meraih maupun mempertahankan kemerdekaan RI ini,” ucap Ferizal Ridwan.

Disebutkan Ferizal, ia sengaja berangkat ke Jakarta pada Minggu, (9/2/2020) dan mendatangi Kantor Kementerian Sosial, Senin (10/2/2020) khusus untuk mengantarkan surat pengusulan pahlawan nasional Khaib Sulaiman.