Yusman Anak Pasaman, Bangun Monumen Sultan Agung sebagai Semangat Masyarakat Bantul

oleh -

Semangatnews, Bantul – Seniman patung Yusman anak Pasaman alumni SMSR Padang, kini sedang menggarap patung Raja Mataram Sultan Agung yang sedang memimpin perang bersama pengawalnya yang di titik nol Imogiri. Ini simbol semangat Sultan Agung berdiri gagah di simpang tiga Imogiri, Bantul.

Pembuatan patung Sultan Agung ini merupakan proyek dari Pemerintah Kabupaten Bantul berkolaborasi dengan Seniman Patung, Yusman.” Ini adalah monumen Sultan Agung yang digambarkan sedang mengomando pasukannya melawan penjajahan Belanda,” ungkap Yusman, kepada semangatnews.com lewat Whastaapnya, Rabu (4/12/2019).Yusman menambahkan, Sultan Agung merupakan Raja besar.Kepemimpinan besar sosok Raja Sultan Agung yang termasyhur diakui dunia. Melalui karya monumen tersebut, menceritakan perjuangan dan kehebatan Raja Mataram Islam yang memerintah tahun 1613-1645 itu.

” Sultan Agung sebagai raja besar dan Pahlawan Nasional, perjuangan dan jasanya patut dikenang sekaligus dikenalkan kepada masyarakat. Sejarah itu harus berkesinambungan, dikenalkan sampai kepada anak cucu,” ujarnya.

Yusman berkeinginan sebagai seniman yang selama ini membuat monemen patung – patung pahlawan, generasi muda kita jangan sampai lupakan sejarah bangsa Indonesia.” Sejarah itu bahagian dari rasa hidup bangsa bagaimana pendahulu kita telah berjuang sebagai nilai cinta tanah airnya.

Dengan bangunan monumen ini semua bisa jadi gambaran akan kisah masa lalu itu. Dan dengan itu pula anak anak muda Indonesia bisa mengenal para pahlawan bangsanya.

“Kalau tidak begitu, Bagiamana anak – anak muda tahu para pahlawan kita,” ujar yusman. (crwl-smgt)