Ribuan Warga Padang, Rebutan Tradisi Serak Gulo

oleh -
Ribuan Warga Padang, Rebutan Tradisi Serak GuloSemangatnews, Padang – Ribuan masyarakat Kota Padang padati lokasi Tradisi Serak Gulo atau tebar gula yang diadakan oleh warga Muslim keturunan India di Kota Padang. Tradisi itu dilaksanakan usai shalat Ashar di Masjid Muhamadan, Jalan Batipuh, Pasa Gadang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sabtu (25/1).Sebanyak empat ton gula pasir yang dibungkus dengan kain perca warna warni ditebarkan kepada masyarakat. Pasalnya, tradisi ini juga disebut dengan wadah untuk menyambung silaturahim dan meningkatkan kepedulian untuk saling berbagi sesama masyarakat keturunan India.
Baca Juga:  PADANG ZONA KUNING SEGALA AKTIFITAS GOR AGUSSALIM TUTUP
Ketua Himpunan Keluarga Muhammadan Padang, Ali Khan Abubakar mengatakan, serak gulo merupakan tradisi turun temurun yang diperingati setiap tahun pada 1 Jumadil Akhir. Tradisi ini dilaksanakan dalam rangka mengenang salah seorang ulama di India yang bernama Souhul Hamid.“Souhul Hamid merupakan salah seorang penyebar agama Islam yang suka membagikan gula. Serak gulo merupakan simbol manisnya ilmu yang diberikan,” katanya.
Baca Juga:  Sumatera Barat Terima SK Perhutanan Sosial Dari Presiden, 224 Unit Dengan lahan 228.658,09 Ha
Dijelaskannya, tradisi serak gulo diawali dengan membungkus gula menggunakan kain perca yang dilakukan oleh kaum perempuan. Setelah di bungkus, gula tersebut didoakan dan dibawa ke bangunan yang lebih tinggi. Kemudian gula didoakan kembali dan dibagikan kepada masyarakat yang berada di bawah dengan cara melemparkannya.“Ini merupakan wujud rasa syukur atas rezeki yang diterima sepanjang tahun. Mudah-mudahan tahun depan dapat tambahan bantuan dari dana pokir dewan sebanyak 2 ton,” ujarnya.