Abai dan Terlena Tiba-tiba Positif Rate Covid 19 di Sumbar Melijit Capai 16%

oleh -

Abai dan Terlena Tiba-tiba Positif Rate Covid 19 di Sumbar Melijit Capai 16%

Andani; Perlu Ketegasan Pemangku Kepentingan di Daerah

SEMANGATNEWS.COM- Sumatera Barat sepertinya terlena dengan semakin melandainya pergerakan penyebaran Covid 19 selama ini. Nah kini secara mengejutkan Angka Positif Rate (PR) mencapai 16 persen, jauh di atas ambang WHO yang hanya 5 persen.

Pakar pencegahan Covid-19 dari Unand Doktor Andani Eka Putra bertegas-tegas, bahwa tingkat paparan Covid-19 di Sumbar sudah mengkhawatirkan.

Baca Juga:  Bupati Safaruddin Ikuti Vidcon Pengarahan Presiden RI Kepada Kepala Daerah se Indonesia

“Ini bukan main-main lagi, persoalan sudah sangat serius. Obatnya hanya satu, yaitu penegakan hukum yang tegas terhadap pelanggaran Protokol Kesehatan, bukan berdebat soal Perda dan himbauan tetapi diperlukan aksi nyata. Kita minta Gubernur, Walikota dan Bupati pasang badan terdepan untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini,” kata Doktor Andani, yang kini jadi Staf Khusus Menteri Kesehatan untuk Pencegahan Covid-19.

Baca Juga:  Kepala Suku Dambet, Melaksanakan Bakar Batu sebagai Ungkapan Syukur Selamat dari Serangan KKB

Doktor Andani minta pelanggar Prokes ditindak, baik di Mesjid maupun di tempat umum lainnya. “Saya usul ada tindakan tegas dari Gubernur, Bupati dan Walikota terhadap ASN yang melanggar Prokes, juga kepada perusahaan swasta dan usaha kuliner. Jika perlu usahanya ditutup jika melanggar Prokes,” kata Doktor Andani dalam zoom meeting Pencegahan Covid-19 di Sumbar, Minggu (18/4) malam.

Acara zoom meeting ini dimoderatori Doktor Sari Lenggogeni dari Kawal Covid-19 Sumbar dengan peserta Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldi, Wako Padang Hendri Septa, Direktur RS Djamil Dovy Djanas, Rektor Unand Yuliandri, Ketua IJTI Sumbar Jhonedy Kambang, Ketua SMSI Sumbar Zulnadi dan Sekretaris SMSI Gusfen Khairul, Kepala Satpol PP Sumbar Edi Diantolani, puluhan wartawan senior, sejumlah aktifis, pengajar PT dan pengamat.