Akan Ada Penghargaan Kepada Kapolda Sumbar pada Rapat Kerja LKAAM Sumbar di Batusangkar

by -

Akan Ada Penghargaan Kepada Kapolda Sumbar pada Rapat Kerja LKAAM Sumbar di Batusangkar

SEMANGATNEWS.COM-Ketua Umum Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Dr. H. Fauzi Bahar, M.Si Datuak Nan Sati bersama pengurus inti LKAAM Sumbar mendatangi Polda Sumatera Barat, Rabu (15/2/2022). Kedatangan LKAAM Sumbar ini untuk bersilaturahmi dengan Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra SH, S.Ik. MH, di ruang kerja Kapolda Sumbar.

Dalam silaturahmi tersebut, Kapolda Sumbar yang didampingi Karo SDM Polda Sumbar Kombes Pol Defrian Donimando, S.Ik, dan Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto, S.Ik.

“Agendanya adalah silaturahmi dan membahas tentang perkembangan situasi kamtibmas dan juga terkait vaksinasi di Sumbar,” sebut Satake Bayu pada media Kamis (17/2/2022).

Untuk situasi Kamtibmas, Ketua LKAAM Sumbar bersama Kapolda Sumbar membahas mengenai restorative justice (keadilan restoratif) dalam penyelesaian perkara maupun permasalahan di nagari oleh petugas kepolisian di jajaran Polda Sumbar untuk memberi rasa keadilan kepada masyarakat.

“Nantinya kita akan menyiapkan MoU (memorandum of understanding) antara Polda Sumbar dengan LKAAM Sumbar, dimana LKAAM akan dilibatkan dalam penanganan restorasi justice melalui MoU ini,” sebut Kombes Satake Bayu.

LKAAM Sumbar sangat mengapresiasi keterbukaan Kapolda Sumbar yang mau duduk bersama Ninik Mamak dalam menyikapi penanganan Kamtibmas. “MoU antara LKAAM Sumbar dengan Kapolda Sumbar tentang restorative justice sesuai Perpol No.8 ini akan memperkuat peranan Ninik Mamak di setiap nagari,” kata Ketum LKAAM Sumbar Dr. H. Fauzi Bahar, M.Si Datuak Nan Sati.

Menindaklanjuti ini, kata Fauzi Bahar, maka Kapolda menyatakan kesediaan untuk hadir langsung dalam Rapat Kerja LKAAM Sumbar pada 27-28 Februari 2022 di Hotel Emersia Batusangkar.

LKAAM Sumbar juga sedang membahas tentang rencana akan memberikan penghargaan berupa gelar adat sebagai penghormatan kepada Kapolda Irjen Pol Teddy Minahasa Putra, yang telah berhasil menggenjot vaksinasi masyarakat Sumbar hingga di atas 70 persen. “Pak Kapolda Sumbar bersama jajaran, dan termasuk keluarga besar TNI telah menggenjot capaian vaksinasi, sama dengan telah menyelamatkan anak kemenakan dari Ninik Mamak,” kata Ketum LKAAM Sumbar Dr. H. Fauzi Bahar, M.Si Datuak Nan Sati. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.