Antisipasi Covid-19, Sumbar Siapkan 18 Rumah Sakit dengan 3 Rumah Sakit Rujukan

by -

Antisipasi Covid-19, Sumbar Siapkan 18 Rumah Sakit dengan 3 Rumah Sakit Rujukan

Semangatnews, Padang – Sumatera Barat  menyiapkan sebanyak-banyaknya rumah sakit rujukan untuk menangani pasien positif atau suspect corona. Semua ini sebagai langkah untuk menghambat  penyebaran virus corona,kata Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit di ruang kerjanya, Kamis 2/04.

Dikatakan, Pemerintah Sumbar sudah berkoordinasi dengan kabupaten kota dalam  menyediakan rumah sakit untuk Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Ada  15 RSUD kabupaten  dan kota, 2 RSUD provinsi dan satu rumah sakit Semen Padang. Sebagai rumah sakit rujukan adalah RSUP dr. M. Djamil Padang, rumah sakit dr. Achmad Muchtar dan rumah sakit Unand.

Sementara untuk karangtina ODP dan PDP adalah asrama diklat BPSDM Sumbar, gedung UPTD Balaikop, asrama diklat Balpelkes, asrama diklat PPSDM Bukittinggi, asrama haji Padang, gedung UPTD BPP, gedung ITC UPTD BPTSD dinas perternakan, asrama BLK Padang Panjang dan asrama BLK Payakumbuh.

“Itu satu-satunya cara yang bisa kita lakukan sekarang, sebagai antisipasi penyebaran virus corona, biar bagaimanapun, kami tidak bisa melarang pemudik masuk ke Sumbar,” ungkapnya.

Namun setiap pihak bisa mengawasi para pemudik yang masuk ke Sumbar, sehingga mereka benar-benar melakukan isolasi mandiri, sesuai aturan yang telah ditetapkan.

“Untuk itu, dalam hal ini kerja sama berbagai pihak amat diperlukan. Kalau semua pihak melakukan tugasnya dengan baik, maka insya Allah masa puncak Covid-19 tidak akan terjadi di Sumbar,” ucapnya.

Selain itu, ia juga meminta masyarakat, khususnya para pemudik yang pulang ke Sumbar untuk disiplin (terbuka) dengan kondisi kesehatannya. Dan apabila ada pemudik yang tidak terdaftar di perbatasan, segera melapor ke petugas terkait. Transparansi dan keterusterangan, menurutnya adalah kunci penting dalam menghadapi pandemik corona.

“Jangan takut dan lalu untuk mengakui positif Covid-19, karena ini bukan aib. Jika merasa ada gejala, segeralah periksakan diri ke rumah sakit. Dengan berterus-terang, kita membantu menekan penyebaran virus corona di Minangkabau,” tuturnya.(zln/rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.