Wagub: Puncak Penyebaran Covid-19 di Sumbar Saat Bulan Ramadhan

oleh -

Wagub: Puncak Penyebaran Covid-19 di Sumbar Saat Bulan Ramadhan

Semangatnews, Padang – Puncak penyebaran virus corona (covid-19) di Sumatera Barat  diprediksi pada bulan Ramadhan antara tanggal 24 hingga 27 Mei 2020.
Hal ini   bertepatan  dengan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hidjriah. Pasalnya para perantau sudah dipastikan ramai akan mudik lebaran ke kampung halaman.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit di ruang kerjanya, Kamis (2/4/2020), mengatakan, Sumbar akan dibanjiri oleh para perantau yang pulang ke daerah asalnya. Untuk itu perlu diantisipasi agar penyebaran virus corona tidak masuk ke Sumbar.

Nasrul Abit meminta seluruh pihak untuk semakin meningkatkan kewaspadaan. Khususnya dalam hal pengawasan terhadap para pendatang yang masuk ke Sumbar.
“Peran aktif dari semua pihak, mulai dari pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten kota, petugas kesehatan, BPBD, Satpol PP setempat, termasuk masyarakat sangat diharapkan”, ujarnya.

“Tadi kita sudah lakukan rapat terbatas dengan gubernur melalui video conference bersama Bupati Walikota se Sumbar, bagaimana untuk menghadapi semua masalah ini. Kita harus kompak dan satu komando yaitu ada di BPBD yang menginformasikan setiap protokol dan perkembangan tentang pengendalian situasi,” tegas  Nasrul Abit.

Langkah antisipasi tersebut di antaranya berupa pengetatan pengawasan di daerah perbatasan. Tak hanya jalur darat, namun jalur udara yang masuk melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM) juga harus semakin diperketat.
Di samping itu, social distancing dan physical distancing juga harus benar-benar diterapkan di tengah-tengah masyarakat.

“Untuk itu, berbagai langkah antisipasi harus sudah mulai disiapkan dari sekarang,” kata Nasrul Abit.(zln/rel)