Apa Itu PeduliLindungi: Aplikasi Pelacak Penyebaran Covid-19 Hingga Data Pasien Positif di Kelurahan

by -
Apa itu PeduliLindungi?

SEMANGATNEWS.COM – Sebagaimana yang kita ketahui, pada masa PPKM Darurat yang telah diberlakukan  di wilayah Pulau Jawa-Bali ada  beberapa syarat mutlak yang harus dimiliki oleh seseorang untuk melakukan perjalanan ke luar kota. Seperti sertifikat vaksin yang harus dimiliki.

Untuk itu, ada langkah mudah untuk mendapatkan sertifikat vaksin yaitu melalui aplikasi PeduliLindungi.

PeduliLindungi merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran COVID-19 (Coronavirus Disease 19)

Melansir situs PeduliLindungi, Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

Pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi COVID-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan

Cara Kerja PeduliLindungi

Membantu Pelacakan dan Menghentikan Penyebaran Covid-19

Pada saat Anda mengunduh PeduliLindungi, sistem akan meminta persetujuan Anda untuk mengaktifkan data lokasi. Dengan kondisi lokasi aktif, maka secara berkala aplikasi akan melakukan identifikasi lokasi Anda serta memberikan informasi terkait keramaian dan zonasi penyebaran COVID-19.

Dengan mengaktifkan lokasi, Anda akan membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Hasil tracing ini akan memudahkan pemerintah untuk mengidentifikasi siapa saja yang perlu mendapat penanganan lebih lanjut agar penghentian penyebaran COVID-19 dapat dilakukan. Sehingga, semakin banyak partisipasi masyarakat yang menggunakan aplikasi ini, akan semakin membantu pemerintah dalam melakukan tracing dan tracking.

Informasi Zonasi dan Notifikasi Keramaian

Anda akan mendapatkan infomasi area zonasi persebaran COVID-19 (merah, kuning, hijau) sesuai dengan lokasi yang Anda pilih dan mendapatkan notifikasi jika Anda berada di keramaian.

PeduliLindungi sangat memperhatikan kerahasiaan pribadi Anda. Data Anda disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain. Data Anda hanya akan diakses bila Anda dalam risiko tertular COVID-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.

Pemeriksaan Kesehatan

Jika Anda memerlukan bantuan tenaga kesehatan, Anda bisa menggunakan fitur Teledokter untuk melakukan pemeriksaan kesehatan mandiri dan berkonsultasi dengan tenaga kesehatan terkait kondisi kesehatan Anda.

 

Sumber: Peduli Lindungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.