Atasi Covid, Pemkab Solok Selatan Instruksikan Pembentukan Satgas Hingga Tingkat Jorong

oleh -

Atasi Covid, Pemkab Solok Selatan Instruksikan Pembentukan Satgas Hingga Tingkat Jorong

Semangatnews, Solok Selatan – Guna mencegah dan menanggulangi wabah Covid-19, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Solok Selatan Jasman Rizal mendukung peran-peran yang akan dilakukan pihak kecamatan, hingga kenagarian, untuk bersama-sama terlibat aktif di lapangan.

Untuk itu, Pemkab melalui surat edarannya No.130/123/Pem-Otoda-2020 Tanggal 28 September 2020, kembali menginstruksikan kecamatan dan kenagarian untuk membentuk satuan tugas (satgas) penanganan Covid-19, bahkan hingga ke jorong-jorong sesuai dengan kebutuhan.

Selanjutnya, Jasman mengatakan bahwa penguatan fungsi camat secara bertahap juga akan ditingkatkan.

“Termasuk dalam penanganan Covid-19 di lapangan, kecamatan akan diperkuat melalui dukungan anggaran yang memadai nantinya sesuai aturan yang ada,” ujarnya dalam ramah tamah bersama camat dan wali nagari se-Solok Selatan di Aula Kantor Bupati, Selasa 29/9/20.

Apalagi saat ini, Solsel sudah masuk zona ‘orange’, mau tidak mau berbagai gerakan cepat dalam penanganan covid-19 harus dilaksanakan. Salah satunya larangan aktifitas keramaian, dan sekolah tatap muka.

Sudah pasti para camat dan para wali nagari harus kerja keras, baik untuk mengingatkan warga harus taat protokol covid, maupun mendorong masyarakat untuk melakukan swab.

Jasman juga mengapresiasi camat dan juga wali nagari yang memiliki tugas 24 jam di tengah-tengah masyarakatnya terkait berbagai persoalan.

Selanjutnya, Jasman mengatakan bahwa program dalam waktu dekat, Pemkab akan melakukan pengambilan sampel SWAB sebanyak-banyaknya, sebagai usaha memutus mata rantai penyebaran Covid.

“Salah satu metode pemutusan mata rantai covid, adalah segera menemukan masyarakat yang terkena Covid untuk segera diisolasi. Karena hampir 90% diantara penderita Covid itu sendiri adalah Orang Tanpa Gejala (OTG). Untuk itu kita akan melakukan uji SWAB sebanyak-banyaknya,” terang Jasman yang juga menjabat sebagai Jubir Penanganan Covid Propinsi Sumbar ini.

Camat Pauh Duo Bujang Basri mengatakan bahwa pihaknya siap untuk melaksanakan instruksi yang telah diberikan.

Pihaknya juga menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada Pjs Bupati yang berkomitmen untuk mendukung penguatan fungsi kecamatan, termasuk dukungan dalam penanganan covid nantinya.