BASECAMP of IKAT STUDENT TAHFIDZ

oleh -
Syeikh Ahmad Khatib Al Minangkabawi

oleh : Dt Bagindo Kali.

Yang kami maksud dengan Basecamp of IKAT Student Tahfids sebenarnya adalah Asrama Mahasiswa IKAT Berbasis Tahfidz. Maksudnya, sejak Tahun 1962 tokoh masyarakat asal Kecamatan Ampekangkek Tjanduang waktu itu sudah membeli lebih 500 M2 lahan dipinggir Kota Padang untuk dibangunkan Asrama Mahasiswa Ampekangkek Canduang yang kuliah di Padang; dan Airtawar merupakan pusat pendidikan dengan UNAND dan IKIP Padang sebagai perguruan tinggi yang dominan berkampus di sana.

Baca Juga:  Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 33 34 36 37 38 39 40 41 42, Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia: Pembelajaran 4

Tahun 2008, 46 tahun kemudian barulah dapat dimulai pembangunan fisik Asrama Mahasiswa dengan membangun fondasi Cakar Ayam sebanyak 24 titik sedalam 3 M.
Akibat goncangan Gempa 30 September yang banyak meruntuhkan bangunan di Kota Padang, para pengurus hampir putus asa berhubung lnvestasi senilai Rp 100 juta untuk fondasi sumuran yang belum diikat dengan slof beton waktu itu diduga tidak bisa dimanfaatkan lagi.

Tahun 2016 dibentuk Yayasan Pembangunan 10 Nagari (YPSN) sebagai pengganti Panitia Pembangunan Asrama Mahasiswa IKAT. Melalui YPSN ini terhimpun semangat menggalakkan kembali pembangunan Asrama Mahasiswa di atas fondasi fisik yang telah tenggelam. Bagaimanapun konsolidasi IKAT dilakukan untuk memperkuat fondasi non fisik.

Baca Juga:  Mangrove Berfungsi Ganda Untuk Mitigasi dan Mendukung Perekonomian Pesisir Selatan

Tanggal 4 Desember 2018 dikukuhkan pengurus baru IKAT. Hari itu juga terhimpun material bangunan untuk membangun asrama senilai Rp 28 Juta. Artinya, fisik bangunan sudah bisa dilanjutkan dan ternyata hasil survay lapangan menunjukkan fondasi fisik yang dibuat 1O tahun sebelumnya masih dapat digunaan.

No More Posts Available.

No more pages to load.