Berikan Kuliah Umum, Wawako Erwin Yunaz: Ajak Mahasiswa Dharma Andalas Berwirausaha

oleh -

Pariwara Kota Payakumbuh

Semangatnews Payakumbuh-Mencetak usahawan baru merupakan tantangan utama dunia perguruan tinggi saat ini, khususnya perguruan tinggi berlatar ekonomi dan bisnis. Pertumbuhan angkatan kerja yang tinggi dan turut diproduksi oleh perguruan tinggi, menyebabkan kesempatan kerja semakin menipis. Jika mahasiswa tidak dibekali dan dibentuk menjadi seorang usahawan (enterpreneur), maka angka pengangguran akan semakin melambung.

Hal tersebut diungkap Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz saat menjadi narasumber talkshow enterpreneur yang diangkatkan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen, Universitas Dharma Andalas (Unidha) dalam rangka kegiatan Manajemen Fair yang berlangsung di Aula Kampus Dharma Andalas, kawasan Simpang Haru, Kota Padang, pada Rabu (2/5).

Wawako Payakumbuh sedang meberikan Kuliah Umum

Dikatakan Erwin, mahasiswa kedepan harus berfikir bagaimana menciptakan usaha sendiri dan menjadi pengusaha. Mahasiswa jangan lagi berfikir mencari pekerjaan setelah tamat kuliah.

“Kesempatan kerja semakin menyempit, apalagi kehadiran tenaga kerja asing yang tidak bisa kita hindari. Jika ingin bersaing, kita harus bekali diri dengan skill, disiplin dan sikap profesionalitas, dimana pada hal-hal tersebut mereka lebih unggul dari pada kita,” ujar Wawako Erwin Yunaz.

Dikatakan Erwin, melihat realitas demikian, maka menjadi pengusaha merupakan pilihan yang sangat tepat, apalagi Orang Minang sudah lama dikenal dengan jiwa dagangnya.

Wawako payakumbuh foto bersama dengan Mahasiswa

“Orang Minang itu mengalir dalam dirinya darah dagang, maka mari kita bangkitkan kembali potensi dagang itu didalam diri kita, apalagi dalam agama kita (Islam-red) sudah dijelaskan bahwa sembilan dari sepuluh pintu rezeki berasal dari dunianl dagang,” kata Wawako Erwin Yunaz.

Dikatakan Erwin untuk memulai usaha tidak harus mikir terlampau jauh dan rumit. Tidak usah berfikir ketersediaan modal dulu. Usaha bisa dimulai dengan memanfaatkan peluang usaha yang ada disekitar kita. Salah satunya dengan menjadi broker atau penyalur produk.