Beringin Tumbang Masih Dibersihkan, Jalan Payakumbuh Lintau Sudah Bisa Dilalui Kendaraan Roda 4

oleh -
IMG-20191111-WA0113

Beringin Tumbang Masih Dibersihkan, Jalan Payakumbuh Lintau Sudah Bisa Dilalui Kendaraan Roda 4

Semangatnews, Payakumbuh –
Akibat Angin puting beliung yang melanda sebagian wilayah timur dan selatan Kota Payakumbuh, Minggu (10/11/2019) kemaren, mengakibatkan robohnya pohon beringin besar yang diperkirakan umurnya sudah ratusan tahun, yang berlokasi di simpang tiga SMUN2 Bukit Sitabur yang mengakibatkan jalan lintas Payakumbuh Lintau maupun sebaliknya terhalang dan tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda 2 dan roda 4.

Sejak Minggu hingga Senin sore ini (11/11/2019) BPBD bersama TNI, Polri, Pol PP, Dishub, Basarnas, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR, Dinas Perkim, Dinsos, PLN, PMI dan relawan membantu membersihkan dan mengangkat batang kayu beringin yang roboh tersebut menggunakan beberapa buah sinso, dua eskafator, dan sejumlah mobil kebersihan yang mengangkut dahan-dahan pohon tersebut.

Sementara itu, Kabid Rehabilitasi Rekontruksi BPBD Payakumbuh, An Denitral mengakui, bahwa pembersihan pohon beringin itu cukup vital karena mengganggu akses jalan.
“Sampai sekarang sudah lebih 20 jam, itu masih dalam tahap evakuasi,” pungkasnya.

Dinas perhubungan Kota Payakumbuh, melalui Kasi Ops. Andi Malaway mengatakan, kondisi batang beringin yang tumbang menutupi jalan sekarang kondisinya sudah 50% terangkat dari jalan,

“Alhamdulillah sore ini, jalan di simpang tiga SMAN2 Bukit Ditabur kota Payakumbuh menuju Lintau sekarang sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda 2, kendaran roda 4, dan untuk pengamanan dilapangan sementara jalan dilingkar dengan road barrer, “terang Kasi Ops Andi Malaway.(011)