Prof. Ganefri, P.hD Dijadwalkan Meresmikan Pameran Seni Rupa dan Desain HUT ke 56 Seni Rupa, FBS, UNP

oleh -

Prof. Ganefri, P.hD Dijadwalkan Meresmikan Pameran Seni Rupa dan Desain HUT ke 56 Seni Rupa, FBS, UNP

Semangatnews.com, UNP – Sedikitnya 71 karya seni rupa dan desain yang terdiri dari seni lukis, seni patung, desain, seni kriya, fotografi, digital printing dan sejumlah karya instalasi akan tampil memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 56 jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Padang (UNP) yang berlangsung sejak 12 s,d 21 Nopember 2019 di loby Fakultas Bahasa dan Seni, UNP.

Peserta pameran pada rangkaian HUT ke 56 jurusan Seni, FBS, UNP Padang tahun ini melibatkan dosen, mahasiswa, alumni dan beberapa seniman seni rupa Sumatera Barat. Kemudian sejumlah tamu undangan juga melibatkan seniman di luar Sumatera Barat seperti dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Sulawesi Utara, Riau dan Jambi. Pameran juga diperkuat oleh sejumlah komunitas diantaranya, Rumah Ada Seni (RAS), Komunitas “Belanak” dan beberapa komunitas lainnya.

Hal itu disampaikan ketua panitia pelaksana pameran HUT ke 56 Seni Rupa, FBS, UNP, Yasrul Sami B, S,Sn, M.Sn saat di temui semangatnews.com di sela-sela finalisasi display pameran di lobbi Fakultas Bahasa dan Seni, UNP Padang, Senin (11/11).

Menurut Yasrul Sami, pameran seni rupa dan desain berskala nasional yang diikuti puluhan perupa nasional itu mengusung tema “sapamatang” yang digali dari bahasa Minangkabau dan bersentuhan lansung satu dengan yang lainnya, apakah perupa muda usia, usia tua dan lainnya yang dilihat dari isian dan kualitas karya hasil wilayah penjelajahan kreativitas masing-masing peserta, jelas Yasrul Sami memberi penjelasan.

Pameran akan berlangsung sejak 12 sd 21 Nopember itu di Lobby Fakuktas Bahasa dan Seni, UNP Padang itu, tambah Yasrul Sami, akan di buka untuk umum setiap hari kerja yang direncanakan akan diresmikan dan dibuka langsung oleh Rektor UNP, Prof. Ganefri, P.hD, selasa (12/11). pukul 10.00 wib.

Dikatakan melalui pameran ini yang merupakan rangkaian utama dari sekian agenda yang digelar seperti Diskusi, Workshop, lomba dan temu alumni Seni Rupa FBS UNP se Indonesia pada HUT ke 56 jurusan Seni Rupa, FBS, UNP Padang itu diharapkan dapat memberikan konstribusi bagi dunia Seni Rupa dan desain Sumatera Barat khususnya, dan Indonesia umumnya.

Apalagi Sumatera Barat sejak lama dikenal sebagai salah satu etalase peta seni rupa di tanah air, diluar Jawa dan Bali, maka momen penting ini diharapkan memiliki makna penting bagi Seni Rupa Sumatera barat, ujar Yasrul Sami mengakhiri. (FR)