Besok Rakortekrenbang Regional I Dibuka Sekjen Kemendagri.

oleh -

Semangatnews, Padang – Besok Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang) 2019 Regional 1 Sumatera, Jawa dan Bali dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (kemendagri) Hadi Prabowo bertempat di Grand Inna Muara, Padang, Senin (25/2/2019) besok.

Kepala Bappeda Sumbar Hansasri yang didampingi Youlius Honesti, Kabid Renmakro dan Pendanaan Pembangunan Bappeda Prov. Sumbar yang menyampaikan, Penyelenggaraan Rakortekrenbang ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kementerian Dalam Negeri bekerjasama dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas. Kemendagri berfungsi dalam pembinaan dan pengawasan terhadap pemerintahan daerah, termasuk di dalamnya pembinaan dokumen perencanaan pembangunan daerah.

Sementara, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas memiliki fungsi untuk perencanaan prioritas pembangunan nasional.

“Kolaborasi kedua institusi ini diharapkan menghasilkan suatu keselarasan dalam perencanaan pusat dan daerah sehingga terwujud percepatan pembangunan yang berfokus pada pencapaian target sasaran pembangunan nasional dan daerah yang berkualitas dan bersinergi,” ujarnya disela-sela kesibukan hari ini, Minggu (28/2/2019).

Hansastri juga menambahkan,
Kortekrenbang tahun 2019 ini dilaksanakan sebagai wadah untuk melakukan sinkronisasi pembangunan nasional dan daerah, serta pembangunan antar daerah tahun 2020. Penyelarasan program kegiatan, proyek, target, lokasi dan anggaran pembangunan nasional antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota di masing-masing bidang urusan di tahun 2020.

“Mekanisme pelaksanaan Kortekrenbang tahun ini terdapat 32 desk berkaitan dengan urusan pemerintahan daerah serta desk Pemerintahan Dalam Negeri sebagai bentuk komitmen dari Kemendagri dalam memfasilitasi daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah,” ujarnya.

Youlius Honesti dalam kesempatan itu juga menambahkan saat ini beberapa peserta sudah berada di Padang. Dan juga panitia dari Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kementerian Dalam Negeri.

“Mudah-mudah sesuai jadwal acara pembukaan Kotekrenbang Regional I di Padang dapat berjalan lancar. Kita terima kasih suport kawan-kawan OPD Sumbar sangat antusias menyukseskan acara ini,” ujarnya.