BMKG Ungkap Penyebab Peristiwa Banjir di Kota Padang

oleh -
Ilustrasi hujan. (Foto: Dok. Pixabay)
Ilustrasi hujan. (Foto: Dok. Pixabay)

SEMANGATNEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkap penyebab peristiwa banjir akibat hujan deras yang terjadi di Kota Padang sejak Rabu (18/8/2021) sore hingga Kamis (19/8/2021) dini hari.

Dalam keterangan tertulisnya, BMKG menyebut bahwa dari pantauan citra satelit dan citra radar untuk Sumatera Barat (Sumbar), banjir terjadi karena munculnya awan konvektif yang signifikan yang mengindikasikan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang di Kota Padang dengan durasi panjang yaitu mulai dari pukul 16.00 – 23.00 WIB.

Baca Juga:  Tahap ke-45, Sebanyak 9,2 Juta Vaksin Tiba di Tanah Air

“Hasil Analisis Dinamika Atmosfer menunjukkan terdapat pola gangguan cuaca Pusat Tekanan Rendah (LPA) dan adanya pola Konvergensi di pesisir barat Sumbar,” tulis BMKG.

Dijelaskan lagi oleh BMKG, kelembaban relatif pada lapisan 850mb hingga 500mb menunjukkan kelembaban yang tinggi mencapai lebih dari 90 persen sehingga menjadi indikasi terdapat pasokan uap air dalam jumlah yang sangat besar di atmosfer.

Baca Juga:  VIRAL Driver Ojol Cekcok dengan Petugas Penyekatan PPKM di Pekanbaru, Curhatnya Bikin Haru

“Dengan melihat kondisi tersebut, memicu terjadinya proses pembentukan awan-awan hujan dengan kecenderungan hujan terjadi dengan intensitas lebat dalam durasi panjang,” katanya.

BMKG memprediksi cuaca sepekan masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi yang dapat disertai petir atau kilat serta angin kencang di sebagian besar wilayah Sumbar pada tanggal 19 Agustus 2021 dengan terdapat potensi penurunan
intensitas hujan untuk tanggal 21 hingga 22 Agustus 2021.

No More Posts Available.

No more pages to load.