BNPB- RI Lakukan Verikasi Usulan Penanganan Darurat Batang Lengayang

oleh -

BNPB- RI Lakukan Verikasi Usulan Penanganan Darurat Batang Lengayang

SEMANGATNEWS.COM- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menanggapi positif usulan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan,Sumbar, tentang penanganan darurat akibat bencana alam banjir dan tanah longsor di Kecamatan Lengayang, November 2020 lalu.

Respon positif pihak BNPB tersebut terbukti, dengan turunnya tim BNPB yang dipimpin oleh Direktur Direktorat Infrastruktur Darurat BNPB, Budhi Erwanto, Jumat (19/3).

Baca Juga:  Pokja Bunda PAUD Rumuskan Program "Jadikan PAUD Padang Panjang Berkualitas "

Pelaksana harian (Plh) Sekda Kabupaten Pesisir Selatan, Emirda Ziswati, mengatakan, kunjungan tim BNPB ke daerah ini dalam rangka verifikasi terhadap usulan penanganan darurat akibat bencana alam banjir dan tanah longsor di Kecamatan Lengayang.

Kunjungan tim BNPB diterima Bupati Rusma Yul Anwar, di ruang kerjanya, kemudian dilanjutkan dengan rapat koordinasi dengan instansi terkait serta melakukan peninjauan lapangan.

Baca Juga:  Hari Ini Pessel Dinyatakan 15 Orang Terkonfirmasi Positif Corona. Total 1.365

Dalam pertemuan tersebut, bupati berharap pihak BNPB dapat menyetujui seluruh usulan Pemkab Pesisir Selatan, berkaitan dengan penanganan bencana banjir dan tanah longsor.

” Pemkab Pessel sangat berharap hasil verifikasi dan peninjauan lapangan nanti menyetujui usulan kami,” kata bupati.

Menurutnya, penanganan bencana banjir dan tanah longsor perlu segera dilakukan karena mengancam keselamatan masyarakat.

Sebagaimana diketahui, di akhir tahun 2020 lalu, sejumlah nagari di Kecamatan Lengayang dilanda banjir dan tanah longsor, akibatnya puluhan rumah dan areal pertanian musnah.

Baca Juga:  Wagub Jabar Ajak SMSI Sukseskan Pembangunan di Jawa Barat

Guna penanganan hal tersebut, Pemkab Pesisir Selatan, mengajukan usulan Penanganan Darurat akibat bencana alam banjir dan tanah longsor dengan anggaran sebesar Rp 63 Milyar ke Pemerintah Pusat melalui Dana Siap Pakai (DSP) BNPB-RI.