Buka Bersama, Gubernur Serahkan Sertifikat UKW kepada Wartawan.

oleh -

Semangatnews, Padang – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno Selasa malam (21/5/2019), melakukan kegiatan buka bersama dengan kalangan wartawan dan seniman se Sumatera Barat di Auditorium Gubernuran.

Ikut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Biro Humas Setda Sumbar Drs. Jasman Rizal, MM, Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumbar H. Basril Basyar, Ketua PWI H. Heranof Firdaus, Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang Andri El Faruqi, Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Jhonedi Kambang, pimpinan redaksi dan para wartawan, seniman se Sumbar serta para wartawan Forum Jurnalis Tuah Sakato Media Center Pemprov Sumbar.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Sumatera Barat menyampaikan, kegiatan buka bersama ini merupakan kegiatan silaturrahmi antara wartawan dan seniman dalam membangun sinergitas partisipasi dalam pelaksanaan pembangunan di Sumbar.

“Kita amat bangga kehadiran ini menunjukkan rasa kebersamaan yang baik dalam menumbuhkan keharmonisan kehidupan yang lebih baik di daerah ini,” ujarnya.

“Saya berharap dengan pertemuan ini, bisa menjadi kerjasama yang baik, sebagai kekuatan dan support yang menjadi cita-cita kita untuk membangun Sumbar lebih baik dengan tujuan mensejahterakan masyarakat,” harapnya.

Lanjut Gubernur Irwan Prayitno memberikan apresiasi telah terlaksananya Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) yang merupakan suatu tuntutan profesi sebagai wartawan.

“Apalagi, UKW merupakan syarat mutlak bagi wartawan untuk bekerjasama dengan pemerintah,” ucap Irwan Prayitno.

Menurut Gubernur, wartawan profesional harus memegang teguh kode etik jurnalistik dan bisa memberikan kontribusi dalam pembangunan daerah.

Selanjutnya Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat Heranof Firdaus mengatakan Kompetensi wartawan adalah sebagai upaya mendorong tumbuhnya wartawan profesional dalam profesinya, yang akan lahir berita yang mencerdaskan masyarakat.

Untuk itu, Pemprov Sumatera Barat bisa mendorong kabupaten dan kota ikut menfasilitasi penyelenggaraan UKW bagi wartawan di daerah masing-masing, sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Karena Pemprov telah mengeluarkan Pergub nomor 30 Tahun 2018 tentang standarisasi kerjasama pemerintah dengan media massa merupakan upaya meningkatkan marwah media dan insan pers di Sumbar, untuk itu kabupaten kota dapat juga mengikuti jejak Pemprov Sumbar,” jelas Ketua PWI.

Kompetensi ini sangat penting bagi wartawan, dengan adanya UKW hendaknya dapat membentuk wartawan yang punya karakter dan lebih profesional dalam pemberitaan.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat UKW bagi tiga kategori yaitu tingkat Utama diterima oleh Andri Besman dari Harian Singgalang, kemudian tingkat Madya diterima oleh wartawan Padang Ekspres, Aris Prima Gunawan, sedangkan tingkat Muda diterima oleh wartawan RRI Padang, Melati Oktawina.

Sebelumnya penyelenggaran UKW angkatan XI diikuti oleh 40 orang, namun yang dinyatakan berkompetensi sebanyak 28 orang, yaitu untuk Utama 9 orang, Madya 12 orang dan untuk Muda sebanyak 7 orang.

#nov
#humassumbar