Pemko Payakumbuh Bakal Bangun Reservoir Embung Bulakan

oleh -

Semangatnews, Payakumbuh – Upaya untuk memenuhi pasokan air bersih terus dilakukan Pemko Payakumbuh. Setelah melakukan pembangunan Embung Batang Dareh Bulakan di Payakumbuh Selatan, Pemko juga bakal membangun reservoirnya demi kelancaran distribusi air ke masyarakat.

“Iya, reservoirnya akan dibangun. Sekarang sedang meninjau lahannya dulu,” ujar Walikota Payakumbuh Riza Falepi bersama Kepala Dinas PUPR Muslim, Direktur Teknik Perumda Tirta Sago Salma Maizona, dan Lurah Limbukan Abdul Somad saat meninjau lahan untuk reservoir di Kelurahan Limbukan, Payakumbuh Selatan, Senin (20/5).

Reservoir yang akan dibangun direncanakan untuk menampung air dari Embung Batang Dareh Bulakan. “Sengaja dicari lahan yang berada di tempat yang cukup tinggi agar nanti distribusi air ke masyarakat bertambah lancar,” ucap Walikota Riza.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Muslim menyampaikan Embung Bulakan sendiri sudah dibangun sejak 2015. “Selain sebagai sumber air baku, embung ini juga bermanfaat untuk irigasi nantinya,” ujarnya.

Selain Embung Bulakan, Pemko Payakumbuh saat ini juga sedang melakukan pembangunan Embung Lurah Rawang demi kepentingan penyediaan air di Kota Payakumbuh. Sehingga Payakumbuh menjadi kota yang mandiri soal air tanpa harus bergantung ke daerah lain.