Buka Rakor, Irwan Prayitno Bersyukur Sumbar Karhutla Sumbar Terkecil di Indonesia

oleh -

Buka Rakor, Irwan Prayitno Bersyukur Sumbar Karhutla Sumbar terkecil di Indonesia

SEMANGATNEWS.COM – Sumatera Barat menjadi salah satu provinsi yang paling sedikit kebakaran hutan terjadi. Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengharapkan kebakaran hutan semakin berkurang, bahkan bisa nihil di tahun-tahun berikutnya.

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) termasuk kategori bencana yang perlu diantisipasi dan diwaspadai. Lambat mengatasinya, apalagi sampai gagal, maka kebakaran akan menjadi bencana bagi daerah, bahkan sampai ke negara tetangga.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno pada Rapat Koordinasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Sumbar Tahun 2020 di Pangeran Beach Hotel, Rabu (2/12/2020).

Baca Juga:  Yulizal Yunus: Komunikasi Itu Peluang

Mengingat besarnya dampak yang ditimbulkan akibat kebakaran hutan, upaya pencegahan sedini mungkin tetap harus dikedepankan. Untuk itu perlu koordinasi yang lebih insentif seluruh pemangku kepentingan di Sumbar, agar lebih meningkatkan kewaspadaan terjadinya bencana karhutla.

“Kita mengapresiasi upaya yang dilakukan dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan dari Dinas Kehutanan, bersama TNI, Polri, BPBD, Brigade Kahutla, perusahaan, dan masyarakat peduli kebakaran sehingga berdampak terhadap berkurangnya kebakaran,” kata Gubernur dalam sambutannya pada Rapat Kooordinasi Pengendalian Kebakaraan Hutan dan Lahan Provinsi Sumbar 2020,

Baca Juga:  Plh. Sekda Pessel Muskamal, Sidak Delapan PNS Tidak Hadir Tanpa Keterangan

Irwan Prayitno mengatakan, Sumbar termasuk yang sedikit kebakaran hutan. Walaupun masih terdapat pantauan adanya hotspot (titik panas) di beberapa kabupaten/kota, namun Sumbar jauh lebih baik dibandingkan dengan provinsi lain, khususnya dalam upaya mencegah kebakaran hutan dan lahan.