Bunda PAUD Kota Payakumbuh Raih Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Nasional 2019

oleh -
IMG-20191118-WA0057-01

Bunda PAUD Kota Payakumbuh Raih Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Nasional 2019

Semangatnews, Payakumbuh – Kota Payakumbuh kembali mencatatkan prestasi di tingkat nasional. Kali ini, Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Payakumbuh Henny Riza Falepi meraih penghargaan Apresiasi Bunda PAUD nasional 2019 yang diterima di Balai Kartini Jakarta, Senin(18/11/2019)

Keputusan mengenai penghargaan itu dituangkan dalam keputusan Menteri Pendidikan Nasional, Nadiem Anwar Makarim, bernomor 416/P/2019 Tentang Penerima Penghargaan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Keluarga Tahun 2019, tertanggal 4 November 2019.

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi saat dihubungi mengatakan penghargaan yang diraih ini merupakan buah kerja keras berbagai pihak. Upaya membangun PAUD di Kota Payakumbuh menurutnya merupakan bagian dari komitmen Pemko Payakumbuh dalam memajukan kualitas sumber daya manusia (SDM) sejak usia dini.

Menurut Riza, Payakumbuh harus memiliki generasi yang cerdas dan berkualitas. Dan hal ini harus dibentuk dari usia dini. “Karena itulah, komitmen Bunda PAUD sangat terlihat dengan adanya berbagai terobosan yang telah dilakukan untuk meningkatkan tata kelola PAUD di Payakumbuh,” ujarnya.

Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)Kota Payakumbuh Henny Riza Falepi mengatakan selain berperan membentuk kualitas generasi Payakumbuh berkualitas sedari dini, PAUD di Payakumbuh juga diarahkan untuk pencegahan stunting.

“Kita mensosialisasikan upaya pencegahan stunting kepada para Bunda PAUD di Kecamatan dan Kelurahan”,ujar Henny

Henny mengatakan penanganan stunting merupakan salah satu fokus Pemerintah Payakumbuh di bidang kesehatan. Menurutnya, angka stunting yang ada di Payakumbuh akan mengancam kualitas sumber daya manusia di masa depan.

“Tentu saja kualitas yang dimiliki guru PAUD akan mudah memberikan pemahaman kepada masyarakat, terutama bagi orang tua anak didik agar melakukan pola asuh yang benar. Oleh karena itu, wadah PAUD juga kita gunakan untuk pencegahan stunting,” ujarnya.

Selain pencegahan stunting Bunda PAUD juga melaksanakan sejumlah program lainnya diantaranya memperkuat kapasitas eksternal maupun internal POKJA Bunda PAUD Payakumbuh, Mengadakan rapat koordinasi dengan seluruh Bunda PAUD se Kota Payakumbuh
“Banyak sekali manfaat yang kita dapat dari rakor tersebut dan para Bunda PAUD juga terlibat aktif dalam rakor,” kata Henny.

Henny mengatakan selama menjalankan seluruh program Bunda PAUD tersebut, pihaknya membangun kerjasama dengan berbagai pihak, baik dengan perangkat kerja pemerintah Kota Payakumbuh maupun masyarakat.
“Alhamdulillah atas penghargaan yang telah diterima hari ini, Semoga kedepannya kita dapat menjadikan PAUD Kota Payakumbuh menjadi lebih baik lagi dan seluruh kegiatan yang telah kita rencanakan bisa berjalan dengan baik”,pungkasnya.(011)