Yusman Pematung Nasional Anak Pasaman Menuju Istana Negara

oleh -

Semangatnews, Jakarta – Hari ini kesempatan yang baik dan luar biasa dikunjungi mantan Gubernur Banten, Rano Karno, aktor Si Dul anak Sekolahan di pameran Affandi Yogyakarta yang amat menyenangi karya seni Indonesia. Dan beliau ajak kami untuk melakukan pameran tunggal di gedung MPR RI di Jakarta.

Dan kami juga akan pameran tunggal tentang Jendral Besar Soedirman di Gallery Nasional Jakarta tanggal 30 November-20 Desember 2020.

Hal ini diungkap Yusman Pematung Nasional lewat telepon kepada semangatnews.com, Senin malam (18/11/2019).

Yusman juga mengungkapkan pemeran dari Pasaman menuju Istana Negara mendapat perhatian luar biasa dari publik dan para tokoh seni nasional dan tokoh-tokoh pemerintahan.

” Kunjungan Rano Karno yang memiliki darah Bonjol Pasaman – Sumatera Barat, akrab bercerita seni dan keinginan untuk mengali sejarah perjuangan Tuanku Imam Bonjol dalam melawan penjajahan Hindia Belanda. Kita akan rencana pembuatan monumen nasional Imam Bonjol, sebagai semangat kemajuan kabupaten Pasaman, namun tentu dengan koordinasi dan dukungan pemerintah Kabupaten Pasaman”, ujarnya.

Yusman juga mengungkap bahwa, saat ini sedang banyak ide dan pemikiran memajukan semangat nasionalisme kebangsaan termasuk, kami bersama Pemerintah Provinsi Bali merencanakan pembangunan monumen sejarah Soekarno, sejarah dan dedikasi perjuangan kepada Indonesia merdeka.

” Ada banyak kerjaan yang menunggu di pulau Bali dan juga kerja membangun monumen tokoh-tokoh pahlawan dan pejuang dari kabupaten Salatiga. Ada sekurang-kurangnya 3 tokoh pejuang nasional yang harum nama Salatiga, Laksamana Yos Sudarso, Adi Sucipto dan Soegiarto” ungkapnya senang.

Yusman juga menyampaikan, kita berharap pemko Padang, pemkab Pasaman dan Pemkab Pasaman Barat membuka diri bagaimana karya-karya monumen berkelas nasional ada di Sumatera Barat.

” Kita berkeinginan monumen di Sumatera Barat juga dapat berkelaa nasional dan sejajar dengah monumen nasional lainnya di Nusantara. Sejarah dan dedikasi masyarakat minang telah memberikan banyak tokoh nasional dan cerita-cerita budaya yang baik. Ini tentunya sebuah hal yang perlu kita bangkitkan kembali untuk mampu para generasi muda Sumatera Barat bangkit dan mau bersama memajukan Indonesia”, harapnya.Dan hari Senin ( 18/11/2019)di Yogyakarta juga berkesempatan bertemu dengan Menteri Pendidikan Nasional Nadiem Makarim, bersama tokoh-tokoh seniman Indonesia di Yogyakarta lainnya dalam memberikan masukan dan pandangan tentang kebudayaan, senirupa dan sejarah kebangsaan Indonesia.