Bupati Dharmasraya Tutup Kegiatan Lomba Selaju Sampan Sungai Langkok

by -

SEMANGATNEWS.COM, DHARMASRAYA – Lomba Sabiduak Selaju Sampan Nagari Sungai Langkok Kecamatan Tiumang yang digelar sejak tanggal 25-26 April 2023 di aliran Irigasi Sedasi Sungai Langkok resmi ditutup Bupati Sutan Riska, Rabu (26/4)

Turut hadir mendampingi Bupati, Kadis Pemuda dan Olahraga, ST.Taufik, Camat Tiumang, Ninik Mamak, para atlet pelatih dan official, serta seluruh masyarakat Nagari Sungai Langkok dan sekitarnya.

Dalam sambutannya Bupati mengucapkan selamat dan terima kasih serta apresiasi kepada segenap masyarakat Nagari Sungai Langkok khususnya kepada segenap panitia yang telah bekerja keras menggelar kegiatan

“Kepada para peserta yang telah berlomba dan ambil bagian dalam kegiatan ini, yang terpenting adalah melalui lomba ini kita menjaga nilai-nilai budaya. Dan silaturahmi di antara kita di tengah perkembangan zaman semakin pesat saat ini,” sebut Bupati

“Kegiatan ini bernilai penting bagi kita dalam rangka melestarikan seni dan budaya yang masih membudaya di tengah-tengah masyarakat kita sampai saat ini. Dan memeriahkan hari lebaran 1444 H, khususnya di Nagari Sungai Langkok,” sambungnya lagi
Sabiduak selaju sampan ini merupakan warisan olahraga dari masyarakat Minangkabau yang dari duhulu kala dikenal dalam lagu Dayuang Palinggam. Oleh karena itu, Bupati Dharmasraya yang juga merupakan Raja Koto Besar berharap semoga event ini dapat terus digelar setiap tahun.

Sebab, festival tersebut adalah salah satu cara khususnya masyarakat Nagari Sungai Langkok mengundang wisatawan baik local maupun wisatawan luar daerah.

“Kami berpesan dan sangat berharap kepada warga Dharmasraya terutama generasi muda untuk senantiasa melestarikan nilai-nilai seni dan budaya kita. Sesuai dengan kearifan lokal yang berkembang di daerah kita ini,” ujarnya

Ketua Panitia, Saharudin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan dukungan Bupati terhadap kegiatan anak nagari.

Saharudin yanglebih akrab dipanggil Maknek menambahkan event ini akan digelar secara berkelanjutan tentu nya dengan mengupayakan lebih baik dari yang sekarang.

Pemuncak Lomba Sabiduak Selaju Sampan Nagari Sungai Langkok tahun 2023 ini mendapatkan bonus Rp.3.500.000 bagi juara 1, Rp. 2.500.000 dan Rp. 1.500.000 untuk juara 2 dan 3. (rsy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.