Catatan Ringan Mengamati Ilustrasi Sketsa Kartun Tokoh Publik : Gubernur dan Wakil Gubernur” Karya Zardi Syahrir

oleh -
kartun gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat 2021-2024 (Audy-Mahyeldi) seberapapun berat beban tantangan covid 19 ingin mewujudkan masyarakat Sumbar yang madani dan sejahtera.

Oleh : Muharyadi

Sambia manyilam minum aia

Sambia badiang nasi masak

Ungkapan ini secara sederhana dapat dimaknai sebagai sesuatu pekerjaan yang dikerjakan  sambil lalu, atau tidak mengurangi pekerjaan yang sedang dilakukan. Dan semua itu banyak dilakukan seseorang dalam kegiatan rutinitas, baik di kantor, di rumah atau dimana  saja ia berada, ada-ada saja yang dihasilkan di luar rutinitas pekerjaan yang dilakukan se hari-hari.

Baca Juga:  Gubernur Minta Masukan, Penajaman Visi dan Misi Pembangunan Sumbar 2021-2024 Di Acara Sarasehan IASMA 1 Landbouw Bukittinggi

Ungkapan ini juga berlaku bagi teman dan sahabat saya, Zardi Syahrir, SH.MM (52 th), dalam kesibukannya sehari-hari sebagai salah seorang birokrat/ASN di kantor  Gubernur Sumatera Barat masih mampu menyisakan waktu untuk menggoreskan pena membuat ilustrasi atau sketsa guna menggambarkan berbagai obyek, mayoritas sosok manusia yang ada di lingkungan tempat ia bekerja dan lainnya.

Murharyadi kurator karya-karya seni Sumatera Barat

Ia memang sedikit dari teman-teman perupa di luar pekerjaan rutinnya rajin me orek-orek garis kepermukaan kertas atau bahkan kanvas untuk menangkap berbagai karaktek dan sosok para tokoh serta sahabat di sketsanya yang senantiasa bernuansa estetis melalui garis-garisnya yang kharismatik.

Baca Juga:  PT. Jasa Tirta Energi Bahas Sinergi dengan Serikat Media Siber Indonesia

Banyak orang beranggapan bahwa, sumber informasi dan komunikasi secara visual hanya tertuju pada dunia fotografi semata yang mengandalkan teknologi digital ketimbang skill peformance manusia dengan kekayaan intelektualnya. Ini semua tentulah tak terbantahkan.

Memanfaatkan teknologi kamera yang kian canggih, tidaklah salah, karena ia juga sangat membantu merekam peristiwa penting berbagai obyek yang ada di muka bumi ini. Tetapi mengambarkan obyek-obyek tertentu bahkan sosok manusia melalui ilustrasi atau sketsa sebagai salah satu bagian karya seni rupa, merupakan simbol visual yang dikemukakan melalui garis-garis kepermukaan kertas atau kanvas merupakan hal menarik dilakukan.