Cukup Mengembirakan Aset Koperasi Sumbar Meningkat Rp3 Miliar.

oleh -

Semangatnews, Padang – Cukup mengembirakan aset Koperasi Provinsi mengalami peningkatan sebesar Rp3 miliar lebih. Hal tersebut berdasarkan perbandingan data pada tahun 2017 dengan 2018.

“Saya mengapresiasi koperasi Pemprov Sumbar karena sudah mampu meningkatkan jumlah aset dan kinerjanya,” ujar Irwan pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2018 di Auditorium gubernuran, Kamis, 31 Januari 2019.

Dari data yang ada pada 2017 jumlah aset koperasi sebesar 39,5 miliar dan di 2018 sebesar 43,8 miliar. Sehinggga, mengalami peningkatan sebesar Rp3 miliar lebih.

Tidak hanya itu Irwan menyebutkan jumlah kewajiban dan ekuitas juga mengalami peningkatan yang sama dengan aset koperasi. Selain itu, laba rugi setelah pajak penghasilan juga meningkat dari 410 juta menjadi 418 juta.

Disisi lain, Gubernur juga menghimbau anggota dari pegawai Pemprov untuk berbelanja di koperasi. Karena juga ada di bidang jasa, seperti untuk beli tiket, rekening dan lainnya.

“Untuk itu marilah berbelanja di koperasi kita, karena uangnya untuk kita juga dan membantu meningkatkan aset koperasi,” ujar Gubernur.

Sementara itu, Ketua Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Unit KORPRI Kantor Gubernur Sumbar, Ell Yawardi menjelaskan keuntungan aset koperasi juga berguna bagi anggota tersebut.

Pasalnya, uang tunai yang di distribusikan untuk anggota nilainya saat ini sudah mencapai Rp2,8 miliar. Hal itu di distribusikan untuk anggota berdasarkan kepada besarnya jumlah tabungan dan utang di koperasi.

“Jadi yang banyak utang dan tabungannya dia yang paling banyak dapat pendistribusian, itu merupakan kebijakan dari kita,” ujarnya.

Dikatakannya, Jumlah anggota koperasi sebanyak tiga ribu orang di seluruh OPD. Dari jumlah itu baru 35 persen ASN yang ada di Sumbar yang terdaftar sebagai anggota, dan itu tidak termasuk guru SMA atau SLTA.

Selain itu, pihaknya juga meningkatkan pendistribusian seperti THR bagi anggota, beasiswa mulai dari SD hingga Universitas diberikan bantuan dan itu dibagikan pada saat hari ulang tahun KORPRI.

“Kami juga bekerja sama dengan stakeholder lainya agar koperasi ini bisa sejalan,” ujarnya.

Upaya untuk meningkatkan jumlah anggota koperasi kata Ell Yawardi, pihaknya berkerjasama serta melakukan sosialisasi. Diantaranya, surat imbauan dari gubernur, bekerjasama dengan seluruh kepala OPD se-Sumbar bagaimana kita bisa melakukan sosialisasi kepada anggota di kantor.

Terakhir, pihaknya juga telah melakukan safari di setiap kantor-kantor berupa semacam mengekspos bagaimana perkembangan koperasi, sehingga lebih menarik dan lebih tau bagaimana keuntungan koperasi.(fd/smgt)