Dana Desa Tahap 1 di Sumbar Telah Cair Rp 245 Miliar dari Anggaran Rp 992 Miliar

oleh -

Dana Desa Tahap 1 di Sumbar Telah Cair Rp 245 Miliar dari Anggaran Rp 992 Miliar

SEMANGATNEWS.COM-Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sumatera Barat Drs. H. Syafrizal Ucok, MM., Kamis (23/4/2021) mengatakan bahwa Dana Desa tahap pertama di Sumatera Barat telah cair untuk 898 nagari/desa sebesar Rp245 miliar lebih. Dana itu telah ditransferkan ke rekening masing-masing nagari.

Baca Juga:  Edward Serahkan 100 Helai Pakaian, Sukseskan Yatim Balaki

“Dana Desa yang sudah dicairkan itu di luar Bantuan Langsung Tunai (BLT) karena dana untuk bantuan sosial ini masih dalam proses,” katanya.

Syafrizal Ucok mengatakan, dana sebanyak itu berasal dari 11 kabupaten, minus Pasaman Barat dan dua kota yaitu Pariaman dan Sawahlunto. Sebab semua desa di Pariaman dan Sawahlunto sudah dicairkan. Sedangkan 11 kabupaten ini belum semua nagari dicairkan Dana Desa-nya.

Baca Juga:  Penyederhanaan Birokrasi, Pemko Lakukan Identifikasi dan Pemetaan Jabatan

“Di Kabupaten Solok dari 74 nagari, yang sudah mencairkan baru 68 nagari. Di Pasaman dari 37 nagari, tinggal satu nagari lain dan Solok Selatan dari 39 nagari yang sudah mencairkan Dana Desa 35 nagari,” kata Syafrizal Ucok, mantan Wakil Bupati Pesisir Selatan ini.

Pada 2021 total anggaran dana desa yang diterima Sumbar sebesar Rp992 miliar lebih dan tahap satu ini akan cair 40 persen. Syarat untuk pencairan dana desa ini seperti, Peraturan Kepala Daerah tentang rincian dana desa, APB nagari/desa, surat pengantar dari kepala daerah dan lainnya. Berkas syarat pencairan itu diinput dalam aplikasi omspan.