Dandim Cilacap : Islam Sebagai Jalan Hidup

oleh -

Dandim Cilacap : Islam Sebagai Jalan Hidup

SEMANGATNEWS.COM- Islam Sebagai Jalan Hidup, itulah tema yang disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P saat memberikan Kultum di hadapan para jamaah Masjid Agung Darussalam Cilacap, sebelum melaksanakan ibadah sholat tarawih atau selepas ibadah sholat Is’ya, Selasa (20/4/21).

Dalam Kultumnya Dandim mengatakan, setiap manusia diciptakan Allah mempunyai naluri beragama yaitu agama tauhid. Kalau ada manusia tidak beragama tauhid, maka hal itu tidaklah wajar. Mereka tidak beragama tauhid, itu hanyalah lantaran pengaruh lingkungan sosial. Jadi gharizah tadayyun adalah permanen, kecenderungan kepada kekafiran adalah susulan,” kata Dandim.

Baca Juga:  Bupati Eka dan Wakil Richi Melaksanakan Kegiatan Keagamaan di Tanah Datar

Lebih lanjut disampaikan Dandim, Batasan agama yang lurus menurut arahan Allah SWT dan Rasulullah SAW di atas menggunakan terma fitrah, sedangkan agama yang lain menggunakan istilah Yahudi, Nasrani dan Majusi. Maka, makna fitrah yang benar adalah Islam itu sendiri. Agama yang melekat dalam diri manusia sejak di alam rahim ibu. Al-Quran mengatakan, “Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. tidak ada perubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus (dinul qayyim), tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (QS. Ar Rum (30) : 3).

Baca Juga:  Covid 19 Merebak di Agam; PBM Tatap Muka Dihentikan Diganti dengan PJJ

Sebelum menjadi janin, manusia sudah bersyahadat di hadapan Allah SWT. Ketika lahir diingatkan ulang kalimat tersebut di telinga kanan dengan suara adzan dan di telinga kiri dengan suara iqamat. Agar dalam kehidupan yang penuh ujian nanti, tidak sampai tergoda/tergelincir/terperosok ke dalam jurang kehancuran (darul bawar), dan meninggalkan Islam. Baik, diuji dengan jabatan, kekayaan dan ilmu.