Desa Tanpa Kemiskinan; Caranya Tingkatkan Ketahanan Desa, Kata Menteri di Pariaman

oleh -
Desa Tanpa Kemiskinan; Caranya Tingkatkan Ketahanan Desa, Kata Menteri di Pariaman

Semangatnews, Pariaman- Menteri Desa PDTT DR (Hc) Drs. H. Abdul Halim Iskandar, M.Pd, menegaskan, target Kementrian Desa PDTT, adalah menciptakan Desa Tanpa Kemiskinan (DTK) di Indonesia.

Caranya, dimulai dengan memperkecil jumlah orang miskin di desa dengan meningkatkan ketahanan desa, sehingga desa memiliki kemampuan meningkatkan kesejahteraan warganya.
Baca Juga:  Wako Herman Safar Ingin Jadikan Bukittinggi Hebat dalam 7 Sektor

Hal ini ditegaskan Menteri  usai pengukuhan Pendamping Desa Berdikari di Kota Pariaman, Jum’at (24/7).

Menurut Menteri Desa PDTT, ke depan tidak boleh ada orang kelaparan di desa, semua warga harus sehat dan sejahtera. Tidak boleh ada stunting dengan intens memberikan makanan bergizi kepada ibu hamil dan bayi.

Untuk mewujudkan desa tanpa kemiskinan itulah yang harus disupport oleh Dana Desa dan dikawal oleh Pendamping Desa, termasuk Pendamping Desa Berdikari dalam pembangunan sumberdaya manusia dan pembangunan ekonomi di desa.
Baca Juga:  Satpol PP Payakumbuh Seret Penjual Miras Ke Meja Hijau

“Pendamping Desa adalah mata, hati dan telinga Bupati dan Walikota, sehingga apa pun kegiatan pembangunan yang terjadi di desa tidak boleh luput dari perhatian dan kawalan Pendamping Desa,” kata Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar.

Gubernur Sumbar yang diwakili Kadis PMD Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah  mengatakan, dalam penyaluran BLT Dana Desa 2020, untuk bulan April sudah 100 persen. Untuk Mei dan Juni persentasenya hampir 90 persen.