Di Balik Sukses Dasawisma Teratai Satu Dedikasi Hermawati Lahirkan Prestasi

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – RUMAH Hermawati terlihat asri. Di pekarangan sekitar, beraneka ragam sayuran tumbuh subur. Ada kale, sorel, samhong, bayam merah, bayam hijau, pakcoy, lotus, serta berbagai tanaman obat keluarga (toga). Di antaranya ada yang tumbuh di wadah hidroponik.

Hunian semi permanen dengan warung kopi di depannya ini, berada paling ujung di RT 18 Perumahan Saiyo, Kelurahan Koto Panjang, Kecamatan Padang Panjang Timur. Kontras dari rumah-rumah sekitar yang hampir mirip satu sama lain.

Baca Juga:  Babinsa Bajing Bersama PPL Kroya Dampingi Poktan Sri Rejeki Penyemprotan Walang Sangit

Pagi itu, ibu tiga orang anak ini terlihat sedang meracik dan mengulek bumbu lotek dengan tangan memakai cobekan. Sejumlah pesanan datang dari warga sekitar. Sayur salada di pekarangan dia petik bersamaan dengan cabai dan lainnya.

“Inilah keuntungan yang saya rasakan. Untuk sayuran lotek tidak pernah membeli ke pasar. Kecuali kacang, bawang dan tambahan mie. Nantinya juga diupayakan kacang tanah kita tanam sendiri di karung,” kata ketua Dasawisma Teratai Satu itu kepada Kominfo beberapa waktu lalu, Rabu, (24/3).

Baca Juga:  Lusa Kamis Pessel Peringati Hari Jadi ke 73 dengan Tetap Patuhi Prokes Covid 19

Pemanfaatan lahan pekarangan yang dilakukan Hermawati merupakan hasil dari pembinaan dirinya sebagai kader Dasawisma oleh TP-PKK. Setelah bergabung di tahun 2014, Hermawati makin paham cara bercocok tanam. Dirinya kemudian didapuk menjadi ketua Dasawisma Teratai tahun 2016. Di tahun yang sama, Hermawati juga bergabung di Kelompok Wanita Tani (KWT).

Sebagai ketua Dasawisma, perempuan paruh baya itu kerap mengajak anggotanya yang terdiri dari 16 KK menjalankan 10 program pokok PKK. “Setiap pertemuan bulanan RT, saya terus mengajak anggota Dasawisma menjalankan program pokok PKK,” ujarnya.