Diduga “WY” Kepsek SD Negeri Simarasok Buat Laporan Fiktif Penggunaan Dana Bos

by -

Diduga “WY” Kepsek SD Negeri Simarasok Buat Laporan Fiktif Penggunaan Dana Bos

SEMANGATNEWS COM- Oknum Kepala Sekolah “WY” S. PD, SD Neg 15 Simarasok, Kec Baso, Kab Agam diduga membuat laporan fiktif terhadap pemanfaatan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS).

Laporan RKAS per triwulan tahun 2021, terindikasi fiktif, kendatipun ada beberapa item yang sesuai dengan budged juknis.

Dana Bos Reguler senilai Rp157, 140,000 itu terindikasi fiktif yang ada dalam laporan RKAS. Kuat dugaan terjadi pemotongan honor guru serta pembelian barang dan foto copy yang tidak sebenarnya.

Misalnya, pembelian kertas Hvs 70 gram merk bola dunia A4, ukuran 8,27 x 11,69 isi 500 lembar, masing2, 8 rim dua kali pembelian, dan 12 rim Dugaan barang tersebut tidak ada.

Pelaksanaan Asesmen Sekolah berbasis Compoter senilai 896. 000 dan Foto Copy Folio dan Kuarto 896.000, dipertanyakan angka yang sama , sementara foto copy tersebut tidak ada, foto copy dilakukan disekolah, ungkap sumber kepada Semangatnews.com.

Pembayaran jasa guru honor dan penjaga sekolah juga disulap. Dalam laporan RKAS bervariasi mulai 1,500.000 _ 900.000, hanya dibayarkan kepada yang bersangkutan masing- masing terima 70 persen dari total hak yang diterimanya.

“Banyak hal item pembelian barang, materai, alat olahraga, kelengkapan protokol kesehatan diduga fiktif laporan nya,” sebut sumber itu. Pembelian barang tidak ada namun dalam laporan RKAS dicantumkan

Pembelian barang sebagian pada triwulan 1 dan 2 sudah dicairkan, untuk pembelian barang September, menunggu pencairan di triwulan ke 3, pada bulan Oktober.

Sebanyak 218 item pengeluaran yang tercantum dalam laporan RKAS, sudah ditandatangani Kepala Sekolah, Bendahara dan Komite Sekolah yang menunggu pembayaran triwulan 3 dan 4.

Informasi yang dirangkum dilapangan, kepala Sekolah WY telah melakukan rapat kilat bersama jajarannya . Kuat dugaan pertemuan pada Sabtu 23/10, terjadi penekanan terhadap stafnya untuk merubah semua daftar pembayaran.

Konfirmasi dengan Kepala Sekolah WY, S.PD didampingi Bendahara Eva Minggu 24/10, terkait kinerja laporan RKAS yang diduga Fiktif, Ia nya tidak pernah membuat laporan Fiktif.
Bahkan tidak tahu sama sekali, WY sempat berucap demi Allah, kilah nya.

Komite Sekolah DT. Tan Basa yang ikut menandatangani laporan keuangan RKAS triwulan 1_4 thn 2021, berkilah,Ia nya tidak mengetahui atas kejanggalan laporan tersebut. ( Yet).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.