Didukung Program PKW, PKBM Widya Dharma Nagari Solsel Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar

oleh -

Didukung Program PKW, PKBM Widya Dharma Nagari Solsel Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar

Semangatnews, Solok Selatan – Mendapat dukungan dari Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Widya Dharma Nagari Solsel menggelar pelatihan keterampilan budidaya ikan air tawar, yang diselenggarakan di area Pokdakan Banda Batuang, Nagari Pasir Talang Selatan, Kecamatan Sungai Pagu, Senin (14/9/20)

Kegiatan PKW yang melibatkan 16 orang peserta dari tiga Kecamatan di Solsel itu, terselenggara berkat dukungan dana Pemerintah Pusat melalui program Pendidikan Kecakapan Wirausaha. Kegiatan inipun dilaksanakan berkat kerjasama dengan PIBB dan UMKM Farhan, serta Disdikpora Bidang Paud dan PNF Solsel.

Plt. Bupati. H. Abdul Rahman saat membuka acara itu, menyatakan apresiasinya pada PKBM Widya Dharma Nagari yang telah melirik potensi yang selama ini terabaikan, yaitu pengembangan usaha budidaya ikan air tawar.

Ia menyebutkan, sebelumnya masyarakat solsel masih tergiur dengan potensi alam, seperti tambang emas dan pengolahan kayu, dimana dua potensi itu saat ini sudah habis atau tidak bisa dikelola lagi.

“Maka dengan adanya pelatihan budidaya ikan air tawar oleh pihak PKBM Widya Dharma Nagari, atas nama Pemerintah kami sangat mengucapkan terima kasih. Semoga peserta pelatihan ini akan dapat menjadi pelopor untuk kebangkitan ekonomi masyarakat di bidang usaha pertanian budidaya ikan,” ungkapnya.

Abdul Rahman juga mendorong peserta pelatihan secara khusus, masyarakat Solsel secara umum untuk optimal mengembangkan usaha perikanan. Pasalnya kosumsi ikan masyarakat yang cukup tinggi, saat ini ketersediaannya masih di datangkan dari luar Solok Selatan.

Ia berharap dengan pelatihan keterampilan ini, kedepan akan lahir pionir-pionir muda dalam mengembangkan usaha perikanan. Sehingga akan menjadi menyedia untuk kebutuhan kosumsi ikan masyarakat. Bahkan kedepan petani ikan ini akan bisa menjadi pendukung ekspor ikan air tawar Solok Selatan keberbagai daerah lain.