Dilantik, 8 Kades Baru Sawahlunto Hasil Pilkades Serentak

oleh -

Dilantik, 8 Kades Baru Sawahlunto Hasil Pilkades Serentak

SEMANGATNEWS.COM-Kota Sawahlunto selalu terdepan melakukan terobosan. Kini, Kepala Desa dibebani target untuk dapat mengurangi jumlah penduduk miskin di desanya. Pengurangan penduduk miskin itu dijadikan sebagai ukuran keberhasilan dalam mengemban tugas selama 6 tahun.

“Jika dalam satu desa ada penduduk miskin misalnya 60 orang, maka dalam satu periode Kades yang lamanya 6 tahun harus berkurang menjadi 30 orang. Artinya setiap tahun terjadi pengurangan penduduk miskin 5 orang. Itu baru Kades yang hebat,” kata Walikota Sawahlunto Deri Asta, SH ketika melantik 8 Kades hasil Pilkades Serentak, di Aula PTBA Ombilin, Kamis (15/4) pagi.

Baca Juga:  Obituari; Suhasril,Anggota PWI Sumbar Mantan Wartawan Sinar Harapan Itu Telah Tiada...

Pelantikan Kades ini dihadiri oleh Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar Drs. Syafrizal Ucok, MM., Wawako Zohirin Sayuti, Ketua DPRD Sawahlunto Eka Wahyu, SE., Wakapolres Sawahlunto Kompol Joni Darmawan, Kabid Pemerintahan Desa PMD Sumbar Drs. Azwar, M.Si., Wakil Ketua PKK Sawahlunto Ny. Zohirin Sayuti dan Kadis PMD Sawahlunto Efryanto, Camat Barangin Subandi dan sejumlah tokoh masyarakat.

Baca Juga:  Pelajari Aplikasi Sipedati, Pemko Solok Kunjungi Kota Payakumbuh.

Ditambahkan oleh Wako Deri Asta, dengan terjadinya pengurangan penduduk miskin maka terukur peningkatan kesejahteraan masyarakat yang menjadi tujuan pembangunan. “Jangan sampai anggaran habis tetapi dampaknya tidak terasa ke masyarakat,” kata Deri Asta, yang merupakan alumni Universitas Bung Hatta Padang ini.

Hal senada diungkapkan Kadis PMD Sumbar Drs. Syafrizal Ucok, MM., dimana upaya kesejahteraan masyarakat di desa itu diawali dengan perencanaan APBDes yang baik. Artinya Kades menyerap aspirasi dari masyarakat, yang kemudian diwujudkan dalam bentuk program kegiatan setiap tahun. Salah satu kunci untuk kesejahteraan masyarakat itu adalah dengan menitikberatkan program pemberdayaan.